Free

Kelanjutan Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya Usai Tak Lagi PSN

Hingga Desember 2023, pemerintah melaporkan telah membangun sebanyak 190 PSN dengan total nilai investasi mencapai Rp1.515,4 triliun.

Annasa Rizki Kamalina

10 Feb 2024 - 16.28
A-
A+
Kelanjutan Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya Usai Tak Lagi PSN

Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) saat berada di Stasiun KCJB Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Bisnis/Rachman

Bisnis, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mencoret proyek kereta semi cepat Jakarta-Surabaya dari daftar proyek strategis nasional (PSN) pada 2023.

Deputi VI Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator bidang Perekonomian mengungkapkan terdapat 12 proyek yang didepak dari daftar proyek strategis nasional (PSN) 2023. Salah satunya, kereta semi cepat Jakarta-Surabaya.

Asisten Deputi Percepatan dan Pemanfaatan Pembangunan Suroto menyampaikan ketetapan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian No. 8/2023 Tentang Perubahan Keempat Atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional. 

Baca juga: Target Impor KRL Molor setelah Berubah Perjanjian dari Jepang ke China

Meski dicoret dari daftar PSN, tapi Suroto menegaskan bahwa proyek-proyek tersebut bukan berarti berhenti, melainkan tetap lanjut. Akan tetapi, dia menegaskan pembangunannya akan menggunakan skema regular.

“Walaupun keluar dari daftar PSN, jalan tol dan lain-lain tetap dijalankan dengan menggunakan regular, tidak dapat fasilitas PSN,” ujarnya dalam Media Briefing PSN, Rabu (7/2/2024). 

Hingga Desember 2023, pemerintah melaporkan telah membangun sebanyak 190 PSN dengan total nilai investasi mencapai Rp1.515,4 triliun. 

 

 

Pada periode yang sama, tercatat terdapat 30 proyek dan 9 program yang telah beroperasi sebagian dengan nilai Rp788,5 triliun. Sementara itu, juga terdapat 50 proyek dalam proses konstruksi dengan nilai Rp828 triliun. 

Bukan hanya itu, Kemenko Perekonomian juga membukukan pada 2023 terdapat 4 proyek dalam tahap transaksi serta 37 proyek dan 4 program yang dalam proses penyiapan. 

Sementara untuk tahun ini, Suroto menyampaikan pemerintah belum ada rencana untuk menambah daftar proyek yang dikeluarkan. 

Baca juga: Nasib Kereta Semi Cepat Usai Dicoret dari PSN, Jadi Dibangun atau Batal?

Berikut daftar 12 proyek yang dikeluarkan dari PSN pada 2023: 

1. Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya

2. Penyediaan Air Baku Sidan, Provinsi Bali

3. Jalan Tol Rantau Prapat-Kisaran

4. Jalan Tol Langsa-Lhokseumawe

5. Jalan Tol Lhokseumawe-Sigli

6. Jalan Tol Dumai-Sp. Sigambal-Rantau Prapat

7. Jalan Tol Muara Enim-Lahat-Lubuk Linggau

8. SPAM Djuanda/Jatiluhur II, Jawa Barat-DKI Jakarta

9. SPAM Jatigede, Jawa Barat

10. SPAM Kamijoro, D.I.Yogyakarta 

11. Pelabuhan Ambon Baru 

12. Kawasan Industri Tanggamus, Lampung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.