Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi yang Hebohkan Dunia, ChatGPT

ChatGPT dilatih pada kumpulan data teks yang besar dan mampu memahami dan menanggapi berbagai topik dan pertanyaan. Ini dapat digunakan untuk berbagai tugas seperti terjemahan bahasa, menjawab pertanyaan, dan pembuatan teks.

Jaffry Prabu Prakoso

13 Feb 2023 - 11.55
A-
A+
Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi yang Hebohkan Dunia, ChatGPT

Para wartawan sedang mewawancarai Menteri Keuangan Sri Mulyani. Profesi jurnalis dinilai menjadi salah satu yang akan terkena dampak cukup signifikan dari ChatGPT atau aplikasi serupa/Bisnis-Wibi Pangestu Pratama.

Bisnis, JAKARTA – Beberapa pekan terahkir, nama ChatGPT kerap dibicarakan. Mesin pencari atau search engine ini sukses membuat perusahaan raksasa teknologi seperti Google sampai putar otak untuk merespons pesaing barunya.

Saat ini, Google dikabarkan akan merilis chatbot berbasis kecerdasan buatan atau AI besutannya sendiri dengan nama Bard. Produk terbaru ini digadang-gadang akan menjadi pesaing ChatGPT yang mendapat dukungan dari Microsoft.

Dilansir dari laman resminya, Kamis (9/2/2023), ChatGPT adalah model bahasa yang dikembangkan oleh OpenAI yang menggunakan pembelajaran mesin untuk menghasilkan teks mirip manusia.


Ilustrasi chatGPT. /tangkapan layar-Novita S. Simamora


ChatGPT dilatih pada kumpulan data teks yang besar dan mampu memahami dan menanggapi berbagai topik dan pertanyaan. Ini dapat digunakan untuk berbagai tugas seperti terjemahan bahasa, menjawab pertanyaan, dan pembuatan teks.

Tidak gentar membuat Google ketar-ketir, OpenAI baru saja meluncurkan ChatGPT Plus, layanan berbayar ini akan memberikan pengguna memasuki akses prioritas chatbot AI. Dengan memilih paket berlangganan ChatGPT Plus ini, pengguna akan diprioritaskan saat mengakses ChatGPT ketika banyak orang menggunakan layanan yang sama.

Bukan itu saja, pengguna juga mendapat waktu respons yang lebih cepat serta akses prioritas ke fitur dan peningkatan layanan baru. Sejauh ini, ChatGPT Plus baru tersedia di Amerika Serikat dengan biaya langganan US$20 atau sekitar Rp298.000.

Baca juga: Mengenal ChatGPT yang Pantas Jadi Kompetitor Google

Adapun, untuk bergabung, pengguna dapat mendaftar ke daftar tunggu ChatGPT Plus. Daftar tunggunya tidak sama dengan daftar tunggu yang dikirim OpenAI untuk ChatGPT Professional pada awal Januari. Nantinya, perusahaan akan mulai mengundang orang dari daftar tunggu tersebut dalam beberapa pekan mendatang.

"Ada juga daftar tunggu terpisah untuk penawaran lain yang rencananya akan diluncurkan OpenAI khusus untuk pengembang yang disebut ChatGPT API," kata OpenAI dalam keterangannya.

Mengingat ini adalah aplikasi buatan manusia dan masih baru, tentu ada kekurangan dan kelebihannya. Berikut adalah paparannya dikutip dari bamai.uma.ac.id:

Baca juga: Hari Pers Nasional; “Minyak Baru” itu Bernama Data 

Kelebihan:

Dapat menangani banyak permintaan pelanggan secara bersamaan

Waktu respon yang cepat dan efisien

Dapat memberikan jawaban yang akurat dan personal

Dapat membantu mengatasi masalah NLP (natural language processing)

Dapat mempermudah tugas-tugas rutin seperti menjawab pertanyaan pelanggan dan membantu proses pemesanan

Dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam layanan pelanggan.

 

Pengunjung bersandar pada logo Google, di Jakarta, Kamis (26/10)./JIBI-Nurul Hidayat 


Kekurangan:

Masih memiliki batasan dalam pemahaman bahasa dan situasi tertentu

Dapat menghasilkan jawaban yang tidak akurat atau tidak sesuai

Belum mampu menangani emosi dan interaksi emosional pelanggan

Belum dapat mengatasi masalah yang kompleks dan memerlukan penilaian yang lebih dalam

Bisa jadi membutuhkan tambahan inspeksi dan supervisi manusia untuk memastikan jawaban yang akurat dan sesuai. (Khadijah Shahnaz Fitra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.