Kelebihan dan Kekurangan Fintech yang Perlu Dipertimbangkan

Tujuan utama Fintech adalah mengurangi biaya infrastruktur lembaga keuangan. Selain itu juga untuk menghindari memiliki banyak karyawan dan kantor cabang dalam melayani pelanggan.

Jaffry Prabu Prakoso

27 Sep 2022 - 21.13
A-
A+
Kelebihan dan Kekurangan Fintech yang Perlu Dipertimbangkan

JAKARTA – Fintech merupakan singkatan dari financial technology yang merupakan gambaran tentang penggunaan teknologi keuangan yang inovatif dan kreatif serta efisien. Jenis fintech ini ada yang dioperasikan oleh lembaga keuangan seperti layanan online bank Mandiri.

Dikutip dari finansialku.com, ada jenis fintech yang memberikan layanan keuangan berupa produk dan jasa keuangan. Fintech ini memberikan layanan keuangan terbaik untuk konsumen.

Tujuan utama Fintech adalah mengurangi biaya infrastruktur lembaga keuangan. Selain itu juga untuk menghindari memiliki banyak karyawan dan kantor cabang dalam melayani pelanggan.

Dilihat dari tujuannya, fintech terlihat sangat efisien. Namun dibalik kelebihannya, juga ada kekurangan yang perlu diketahui. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan masih dikutip dari finansialku.com.


Kelebihan Fintech


1 Mudah dalam Melayani Konsumen

Bagi perusahaan yang ikut dalam memanfaatkan teknologi keuangan ini akan memperoleh kemudahan dalam melayani konsumen.

Perusahaan cukup memberikan konektivitas seluler untuk mengakses semua jenis layanan ke konsumen.

Sementara bagi konsumen dengan adanya fintech ini akan memperoleh kemudahan dalam memperoleh layanan keuangan. Mereka dapat mengakses dan melakukan transaksi sendiri lewat smartphone atau tablet yang dimiliki.


2 Informasi Cepat dan Murah

Dengan adanya fintech sangat membantu mendapatkan informasi dengan cepat dan murah. Fintech menjamin keamanan uang karena membatasi paparan informasi untuk orang lain. Informasi ini berhubungan dengan investasi.


3 Keamanan Terjamin

Fintech memiliki metode keamanan terbaru sehingga sangat menjamin data pelanggan tetap aman. Opsi terbaru untuk keamanan yang digunakan fintech yaitu data biometrik, tokenization, enkripsi.


4 Proses Cepat

Fintech memberikan proses pelayanan keuangan yang sangat cepat. Seperti proses dokumentasi keuangan, proses pinjaman, atau validasi skor kredit. Proses-proses ini lebih cepat dan sangat efisien.


5 Mudai Disetujui dalam 24 Jam

Tingkat persetujuan peminjaman uang dengan fintech sangat cepat. Proses persetujuan hanya menunggu paling lama 24 jam. Peminjaman uang ini dapat berupa peminjaman modal untuk buka usaha.


 6 Pelayanan Efisien

Fintech membuat konsumen bisa menikmati pelayanan keuangan yang lebih nyaman dan efisien. Aplikasi fintech sangat membantu dalam mengontrol keuangan.

Di aplikasi ini dilengkapi dengan jadwal pemberitahuan tentang pembayaran tagihan. Anda bisa mengontrol keseimbangan uang Anda antara uang masuk dengan uang keluar.


 7 Notifikasi Pembayaran dan Nominal Akurat

Sistem pembayaran tagihan dengan fintech sangat akurat dan efisien. Anda tidak usah khawatir atau ragu menentukan jumlah uang yang sudah Anda bayarkan.


Kelemahan Fintech


1 Wajib Terkoneksi Internet

Bagi pengusaha yang baru mulai merintis memerlukan biaya yang besar untuk memulai usahanya karena untuk mendapatkan pelayanan teknologi keuangan ini.

Pengusaha harus menyediakan fasilitas komputer, tablet, atau smartphone yang sudah terhubung dengan internet.

Layanan teknologi keuangan ini hanya bisa diakses dengan jaringan internet. Jika berada di wilayah yang belum memiliki internet, Anda tidak akan bisa mengakses layanan keuangan ini.


2 Hanya Menjangkau Pebisnis yang Melek Internet

Layanan teknologi keuangan belum bisa dinikmati semua kalangan, terutama bagi masyarakat yang belum mendapatkan akses internet dan belum menerima informasi tentang teknologi keuangan.

Hanya kalangan-kalangan tertentu saja yang bisa mengakses layanan ini.


3 Rawan Penipuan

Meskipun salah satu kelebihan layanan fintech ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi, tetapi masih rawan terhadap penipuan.

Masih banyak iming-iming yang menawarkan kepada konsumen dengan keuntungan yang lebih besar.


4 Biaya Tinggi

Biaya bunga pinjaman yang ditawarkan fintech lebih tinggi dibandingkan dengan biaya bunga keuangan tradisional. Ini bisa dijadikan pertimbangan sebelum memilih layanan keuangan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.