Kelompok Masyarakat Paling Banyak Terjerat Pinjol Ilegal

Apabila terjerat pinjol ilegal, penting untuk segera melunasi utang. Selanjutnya, jangan gali lubang tutup lubang.

Arlina Laras

25 Apr 2024 - 16.51
A-
A+
Kelompok Masyarakat Paling Banyak Terjerat Pinjol Ilegal

Warga sedang mencari informasi tentang pinjol. Bisnis/Himawan L. Nugraha

Bisnis, JAKARTA – Ada delapan kelompok masyarakat yang paling banyak terjerat utang pinjaman online atau pinjol ilegal. Profesi guru mendominasi.

Deputi Direktur Pelaksanaan Edukasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Halimatus Sa'diyah menjelaskan bahwa 42% dari pengguna pinjol ilegal adalah guru. Lalu, 21% korban PHK dan 17% dari kalangan ibu rumah tangga

Baca juga: CIMB Niaga (BNGA) Ramaikan Pasar Paylater, Rilis Pertengahan Tahun

Selanjutnya adalah karyawan dengan angka 9%, pedagang4%, dan pelajar3%. Lalu, sisanya yakni tukang pangkas rambut dan ojek online yang masing-masing 2% dan 1%.

“Faktor utamanya adalah rendahnya literasi keuangan demi memenuhi kebutuhan gaya hidup. Biasanya dipilih karena ada kemudahan, pinjol ilegal itu biasanya cepat [cairnya], karena tidak diteliti profil risikonya [si peminjam],” ujarnya dalam UOB Literacy Circle, Rabu (24/4/2024).

 

 

Halimatus menjelaskan bahwa apabila terjerat pinjol ilegal, penting untuk segera melunasi utang. Selanjutnya, jangan gali lubang tutup lubang alias hindari upaya mencari pinjaman baru untuk melunasi utang yang lama

Tak hanya itu, dia menyebut pinjol ilegal harus segera dilaporkan ke Satgas Waspada Investasi (SWI) dan kepolisian.

Baca juga: 8 Kelompok Masyarakat Paling Banyak Terjerat Pinjol Ilegal, Guru Masih Nomor Satu

Saat ini, OJK terus mengimbau masyarakat untuk memperhatikan 2L, yaitu legal dan logis. Legal maksudnya cek legalitas/perizinan perusahaan maupun produk yang ditawarkan. Sementara logis artinya memahami rasionalitas imbal hasil/keuntungan yang ditawarkan. 

“Suku bunga pinjol yang legal itu dan efektif per 1 Januari adalah 0,3% per hari untuk pinjaman konsumtif dan 0,1% per hari untuk pinjaman produktif. Per hari ya bukan per tahun,” tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.