Kemelut Tunda Bayar Obligasi WSKT Tekan Saham Bank BUMN

Penundaan pembayaran pokok dan bunga obligasi PT Waskita Karya (Persero) Tbk. menyebabkan sahamnya disuspensi bursa. Pada saat yang sama, saham bank-bank pelat merah ikut rontok di pasar modal.

Emanuel Berkah Caesario

23 Feb 2023 - 18.59
A-
A+
Kemelut Tunda Bayar Obligasi WSKT Tekan Saham Bank BUMN

Karyawan beraktivitas disekitar logo PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT), Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Abdurachman

Bisnis, JAKARTA — PT Waskita Karya (Persero) Tbk. tengah menjadi sorotan akhir-akhir ini akibat pemburukan kondisi keuangan perseroan hingga menyebabkan perusahaan kesulitan untuk melunasi utangnya. Kondisi ini disinyalir turut menyeret bank pelat merah ke dalam potensi risiko yang membesar.

Saham emiten berkode WSKT ini telah disuspensi atau dihentikan perdagangannya oleh Bursa Efek Indonesia sejak Kamis (16/2/2023) pekan lalu lantaran perseroan kesulitan untuk melunasi pokok dan bunga dari surat utang jatuh temponya.

Saham perseroan hingga hari ini, Kamis (23/2/2023) masih parkir di level Rp348. Sepanjang tahun berjalan 2023, kinerja saham WSKT sebenarnya tidak begitu buruk. Dibandingkan dengan posisi akhir tahun 2022 lalu, saham WSKT hanya turun 3,33 persen year-to-date (YtD).

Namun, persoalan pelunasan utang bukanlah perkara mudah. Kondisi ini dapat berbuntut panjang terhadap dinamika pasar dan internal WSKT, sehingga BEI tampaknya segera bertindak cepat untuk membekukan saham WSKT, setelah mengalami penurunan selama 4 hari berturut-turut sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kemelut Tunda Bayar Obligasi WSKT Tekan Saham Bank BUMN

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.