Kemudahan Akses Kredit Membaik, Sinyal Positif bagi Dunia Usaha

Akses kredit perbankan sepanjang kuartal kedua tahun ini tercatat makin membaik, seiring dengan upaya pelaku industri bank untuk mempermudah proses penyaluran kredit, terutama dengan mengandalkan teknologi digital. Kondisi ini berpotensi menjadi penopang bagi laju kredit di masa mendatang.

Emanuel Berkah Caesario

15 Jul 2022 - 18.18
A-
A+
Kemudahan Akses Kredit Membaik, Sinyal Positif bagi Dunia Usaha

Ilustrasi kredit. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Akses kredit bagi kalangan pelaku usaha terpantau makin mudah sepanjang kuartal kedua tahun ini, mengindikasikan geliat ekonomi yang lebih baik. Sejumlah bank pun melaporkan pertumbuhan kredit yang optimal. Ini bakal menjadi bekal yang baik dalam menghadapi tantangan ekonomi di paruh kedua tahun ini.

Peningkatan kemudahan akses kredit dunia usaha itu terungkap dalam hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) yang dilakukan Bank Indonesia (BI) untuk periode kuartal II/2022. Saldo bersih tertimbang (SBT) untuk kategori akses kredit selama kuartal II/2022 tercatat 2,64 persen, membaik dari kuartal I/2022 yang sebesar 1,35 persen.

Saldo bersih tertimbang diperoleh dari hasil pengurangan antara persentase jumlah responden yang menjawab akses kredit mudah dan yang menjawab sulit. Persentase responden yang menjawab akses kredit sulit tercatat turun dari 5,88 persen pada kuartal I/2022 menjadi 4,26 persen pada kuartal II/2022.

Sementara itu, persentase responden yang menjawab akses mudah turun lebih rendah yakni dari 7,23 persen menjadi 6,91 persen, sedangkan persentase responden yang menjawab akses normal tercatat meningkat dari 86,89 persen menjadi 88,83 persen. Dengan demikian, secara umum kemudahan akses kredit tercatat meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kemudahan Akses Kredit Membaik, Sinyal Positif bagi Dunia Usaha

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.