Kemunduran Skema Pajak Korporasi di IKN

Sejatinya, tax holiday bagi investor IKN Nusantara merupakan langkah mundur yang amat disayangkan dan kontraproduktif dengan komitmen Indonesia dalam konsensus pajak global.

Tegar Arief Fadly

30 Mei 2024 - 11.31
A-
A+
Kemunduran Skema Pajak Korporasi di IKN

Presiden Joko Widodo saat mengunjungi Ibu Kota Negara Nusantara./Istimewa

Bisnis, JAKARTA - Disajikannya insentif berupa diskon pajak korporasi di pusat pemerintahan baru Nusantara, memang menjadi salah satu daya tarik dunia usaha untuk membantu pembangunan megaproyek tersebut. Akan tetapi, sejatinya hal itu merupakan langkah mundur yang amat disayangkan dan kontraproduktif dengan komitmen Indonesia dalam konsensus pajak global.

Skema diskon Pajak Penghasilan (PPh) Badan dalam bentuk tax holiday di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 28/2024 tentang Fasilitas Perpajakan dan Kepabeanan di Ibu Kota Nusantara yang diundangkan pada 16 Mei 2024.

Beleid itu menuliskan, wajib pajak yang melakukan penanaman modal di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mendapatkan fasilitas pengurangan Pajak Penghasilan (PPh) Badan sebesar 100% dari jumlah PPh Badan yang terutang.

Adapun, untuk memperoleh fasilitas tersebut wajib pajak harus memenuhi beberapa kriteria, mulai dari aspek pemeriksaan hingga syarat minimal penanaman modal. (Lihat infografik).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.