Kenaikan Inflasi China Picu Pelemahan Pasar Saham Asia

Indeks harga konsumen (IHK) yang naik di China telah membuat bursa saham di Asia parkir di zona merah. Sentimen lain seperti pengumuman PDB di Jepang dan ketidakpastian Federal Reserve juga masih menjadi perhatian investor.

Nindya Aldila & Jessica Gabriela Soehandoko

13 Mei 2024 - 22.14
A-
A+
Kenaikan Inflasi China Picu Pelemahan Pasar Saham Asia

Bursa China SHCI/Reuters

Bisnis, JAKARTA - Pasar saham di Asia Pasifik langsung tergelincir akibat data inflasi China yang kuat pada April. 

Biro Statistik Nasional pada Sabtu (11/5/2024) melaporkan Indeks harga konsumen (IHK) meningkat 0,3% dari tahun sebelumnya (year-on-year/YoY). Angka itu lebih tinggi dibandingkan dengan peningkatan 0,1% pada Maret 2024 dan juga lebih tinggi dari perkiraan ekonom yang disurvei oleh Bloomberg, dengan perkiraan median 0,2%.

Selain itu, sentimen dari jelang pengumuman pertumbuhan ekonomi Jepang pada kuartal I/2024 juga membetot perhatian para investor. Produk domestik bruto (PDB) Jepang diperkirakan terkontraksi 1,5%, menurut poling Reuters. Hal ini bisa membahayakan rencana Bank of Japan untuk menaikkan suku bunga acuan. 

Nikkei 225 Jepang ditutup 0,13% lebih rendah menjadi 38.179,46 dan Topix turun 0,15% menjadi 2.724,08 pada Senin (13/5/2024), dilaporkan oleh CNBC International. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.