Kenaikan Suku Bunga BI Bakal Agresif Sampai Akhir Tahun

BI 7-day Reverse Repo Rate (BI7DRR) resmi naik sebesar 50 basis poin pada September 2022. Sinyal kelanjutan kenaikan suku bunga secara agresif sampai tutup tahun 2022 menguat, sejalan dengan prediksi inflasi BI tembus 6 persen hingga akhir tahun.

Nindya Aldila
Sep 22, 2022 - 4:01 PM
A-
A+
Kenaikan Suku Bunga BI Bakal Agresif Sampai Akhir Tahun

Bank Indonesia Bisnis / Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menunjukkan sinyal kenaikan suku bunga secara agresif sepanjang sisa tahun ini sejalan dengan prediksi inflasi yang mencapai 6 persen pada akhir 2022.

Bank Indonesia melanjutkan pengetatan kebijakan moneter pada September 2022 dengan kenaikan BI 7-day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 50 basis poin (bps) menjadi 4,25 persen. Pengetatan sejalan dengan kenaikan suku bunga Federal Reserve (The Fed) sebesar 75 bps pada Rabu.

Kenaikan ini lebih tinggi daripada bulan lalu sebesar 25 basis poin. Namun, langkah BI tersebut dinilai rasional. Apalagi, awal bulan ini pemerintah telah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang diramal menekan daya beli sebagian masyarakat.

Pengetatan moneter lanjutan yang ditempuh BI, diyakini mampu menjadi katalis yang mengendalikan indeks harga konsumen (IHK), terutama dari sisi permintaan.

Editor: Nindya Aldila
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kenaikan Suku Bunga BI Bakal Agresif Sampai Akhir Tahun

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ