Kenaikan Suku Bunga The Fed 50 Bps Timbulkan Kecemasan

Aksi agresif Federal Reserve (The Fed) dalam menaikkan suku bunga terbukti berlanjut setelah pertemuan pada Desember. Hal itu menciptakan kecemasan bagi pasar keuangan global, termasuk Indonesia.

Nindya Aldila

15 Des 2022 - 15.48
A-
A+
Kenaikan Suku Bunga  The Fed 50 Bps Timbulkan Kecemasan

Gubernur Jerome Powell dalam konferensi pers setelah rapat Federal Open Market Committee pada Rabu (14/12/2022). (Dok. istimewa)

Bisnis, JAKARTA - Aksi agresif Federal Reserve (The Fed) dalam menaikkan suku bunga terbukti berlanjut setelah pertemuan pada Desember. Hal itu menciptakan kecemasan bagi pasar keuangan global, termasuk Indonesia. 

The Fed menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin (bps) menjadi kisaran target 4,25 - 4,5 persen. Pembuat kebijakan memproyeksikan kenaikan suku bunga akan berhenti hingga 5,1 persen pada tahun depan, menurut perkiraan median mereka.

Target itu sebelum diturunkan menjadi 4,1 persen pada tahun 2024, tingkat yang lebih tinggi dari yang ditunjukkan sebelumnya. Isyarat kelanjutan pengetatan berpotensi mengguncang pasar keuangan seiring dengan spekulasi berhentinya kenaikan suku bunga telah memicu pinjaman yang lebih mudah.

“Kita masih harus melakukan banyak hal. Memulihkan stabilitas harga kemungkinan akan diikuti dengan mempertahankan sikap kebijakan yang restriktif untuk beberapa waktu,” kata Gubernur The Fed Jerome Powell dalam konferensi pers pada Rabu, dikutip Fortune. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kenaikan Suku Bunga The Fed 50 Bps Timbulkan Kecemasan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.