Kenali 7 Jenis Tremor dan Penyebabnya

Penderita mungkin saja menyembunyikan kondisi tersebut. Bisa jadi juga, ada yang menganggap tremor sebagai kondisi yang bisa dilupakan.

Redaksi

5 Nov 2021 - 19.45
A-
A+
Kenali 7 Jenis Tremor dan Penyebabnya

Ilustrasi/clevelandclinic.org

Bisnis, JAKARTA – Tremor atau anggota tubuh tiba-tiba bergetar tanpa kita sadari bisa jadi hal yang memalukan.

Penderita mungkin saja menyembunyikan kondisi tersebut. Bisa jadi juga, ada yang menganggap tremor sebagai kondisi yang bisa dilupakan.

Tremor merupakan gerakan otot yang terjadi pada tubuh secara tidak sengaja dan tidak terkendali.

Tremor dapat terjadi di bagian tubuh mana saja dan kapan saja.   Tremor dapat disebabkan berbagai hal seperti obat, penyakit, cedera hingga kafein.

Biasanya, penyebab umum tremor adalah kelelahan otot, terlalu banyak mengonsumsi kafein, penuaan, hingga kadar gula darah yang rendah.  

Penyebab tremor beragam, sesuai dengan jenis tremor.

Untuk dapat melakukan pengobatan sesuai dengan penyebab tremor, berikut jenis-jenis tremor yang perlu Anda ketahui, dikutip dari Healthline, Jumat (5/11/2021).

1. Essential tremor

Essential tremor adalah jenis tremor yang paling umum. Meskipun tidak dikaitkan dengan penyakit apa pun, sebuah penelitian terbaru menghubungkannya dengan degenerasi ringan di otak kecil, yang merupakan bagian otak yang mengontrol gerakan motorik.

2. Parkinsonian tremor

Tremor jenis ini biasanya dialami mereka yang mengidap penyakit Parkinson. Kondisi ini disebabkan kerusakan yang terjadi pada bagian otak yang mengontrol gerakan. Hal  ini lebih sering menyerang mereka yang berusia 60 tahun ke atas

3. Dystonic tremor

Sesuai namanya, kondisi ini dialami pengidap dystonia, suatu kondisi karena adanya kelainan gerakan kontraksi otot tidak sadar sehingga menyebabkan seseorang melakukan gerakan abnormal secara berulang.

Banyak beristirahat dapat membantu meringankan jenis tremor ini.

4. Cerebellar tremor

Cerebellar merupakan bagian dari otak belakang yang mengontrol gerakan dan keseimbangan. Tremor ini rentan dialami oleh peminum berat, serta mereka yang mengidap penyakit seperti stroke, tumor dan multiple sclerosis.

5. Psychogenic  tremor

Tremor  ini biasanya muncul akibat adanya gangguan psikologi. Biasanya, penderita akan melakukan gerakan secara tiba-tiba. Hal itu dapat terjadi ketika tingkat stres atau depresi seseorang sedang tinggi-tingginya.

Kondisi tersebut akan hilang sendirinya saat tingkat stres atau depresi mulai menurun.

6. Orthostatic tremor

Tremor jenis ini biasanya terjadi di kaki, segera setelah penderita berdiri. Getaran ini ditandai dengan adanya kontraksi otot pada kaki dan tubuh.

Jenis tremor ini akan menghilang saat penderita duduk, diangkat, atau berjalan.

7. Physiologic tremor

Jenis tremor satu ini sering terjadi sebagai reaksi terhadap obat-obatan tertentu, mengonsumsi alkohol, kadar gula darah rendah, tiroid yang terlalu aktif atau emosi yang meningkat.

Satu-satunya cara menghilangkan tremor jenis ini adalah dengan menghilangkan penyebabnya. (Ni Luh Anggela, Mia Chitra Dinisari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.