Kenali Perbedaan Mobil Hybrid dan Biasa

Mobil hybrid dan mobil biasa memiliki sejumlah perbedaan mendasar yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum memutuskan hendak membeli yang mana.

Redaksi

26 Apr 2024 - 12.23
A-
A+
Kenali Perbedaan Mobil Hybrid dan Biasa

Ilustrasi mobil hybrid. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Perkembangan teknologi yang sedang marak membuat industri otomotif terus berinovasi untuk menciptakan solusi yang lebih efisien dan ramah lingkungan, salah satunya adalah mobil hybrid.

Jika dilihat sekilas kita mungkin tidak akan tahu perbedaan mobil hybrid dan biasa, karena eksterior keduanya akan terlihat sama. Namun, ketika mulai menyalakan mobil maka akan terlihat perbedaan yang sesungguhnya, sebab dari berbagai aspek seperti cara kerja, penggunaan energi, hingga teknologi yang digunakan ternyata cukup berbeda.

Mobil hybrid merupakan jenis kendaraan yang menggabungkan dua mesin penggerak, yakni mesin bensin konvensional dan mesin motor listrik.

Dengan teknologi tersebut, mobil hybrid mampu beroperasi secara efisien dan lebih ramah lingkungan. Sebab, konsep mobil hybrid memungkinkan kendaraan untuk menggunakan dua sumber energi berbeda secara bersamaan atau terpisah sesuai kebutuhan.

Lantas, apa saja perbedaan mobil hybrid dan mobil biasa? Berikut 5 perbedaannya.

    Jarak tempuh

Perbedaan yang paling mencolok terletak pada kemampuan jarak tempuh. Mobil hybrid memiliki jarak tempuh yang lebih unggul karena menggunakan dua mesin penggerak, yaitu mesin konvensional dan motor listrik.

Adapun, mobil biasa hanya mengandalkan mesin bensin konvensional untuk menghasilkan tenaga dari bahan bakar bensin.

Selain itu, mobil hybrid juga memiliki fitur regeneratif yang memungkinkan motor listriknya menghasilkan energi tambahan saat mobil bergerak atau mengerem. Energi ini kemudian disimpan dalam baterai sebagai cadangan daya.

    Efisiensi konsumsi energi 

Mobil hybrid memanfaatkan energi dengan cara yang lebih efisien dan optimal karena memiliki dua sumber energi. Kedua sumber tenaganya akan bekerja sama untuk memberikan performa maksimal.

Saat beroperasi dalam kondisi yang membutuhkan daya rendah motor listrik akan menjadi sumber daya penggerak utama. Hal ini membantu mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang, sehingga lebih ramah lingkungan.

    Emisi Gas

Keunggulan lainnya dan menjadi yang utama dari mobil hybrid adalah kadar emisi gas buangnya yang lebih rendah dibandingkan dengan mobil biasa. Hal ini karena penggunaan dua jenis mesin dapat membantu mengurangi konsumsi bahan bakar.

    Sistem kerja

Pengemudi tidak perlu pusing untuk mengganti mesin satu dengan yang lain untuk meningkatkan efektivitas penggunaannya. Sistem canggih dalam mobil hybrid akan langsung bekerja ketika mendeteksi laju kecepatan kendaraan dan kebutuhannya.

Meskipun demikian, pada mobil biasa juga tidak perlu melakukan perpindahan mesin, karena menghasilkan tenaga melalui proses pembakaran di ruang bakar.

    Proses akselerasi

Proses akselerasi mobil hybrid dapat bekerja lebih cepat karena keberadaan motor listrik yang memberikan bantuan di dalam berbagai aspek kendaraan.

Tidak hanya soal efisiensi energi, emisi gas buangnya, termasuk proses akselerasi kendaraan. Pastinya hal ini tidak akan bisa terjadi pada mobil biasa.


(Reporter: Muhammad Fauzan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.