Kencangkan Ikat Pinggang Leasing Jaga NPL & Target Pembiayaan

Sejumlah perusahaan pembiayaan atau leasing ancang-ancang menjaga profil risiko kredit macet atau non performing financing/NPF hingga target pembiayaan memasuki era suku bunga tinggi dan menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Pernita Hestin Untari & Rika Anggraeni

22 Nov 2023 - 19.47
A-
A+
Kencangkan Ikat Pinggang Leasing Jaga NPL & Target Pembiayaan

Pengunjung melintasi deretan mobil bekas yang dipamerkan di Jakarta, Minggu (24/4/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA— Sejumlah perusahaan pembiayaan atau leasing ancang-ancang menjaga profil risiko kredit macet atau non performing financing/NPF hingga targetpembiayaan memasuki era suku bunga tinggi dan menjelang pemilihan umum (Pemilu) 2024. 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut profil risiko leasing terhitung masih terjaga dengan rasio NPF net sebesar 0,68% pada September 2023. Jika diperhatikan sejak awal tahun hingga September 2023, titik terendah rasio NPF berada pada Februari 2023 sebesar 2,36%, dan tertinggi pada Juli 2023 pada level 2,69%.

Sementara dari sisi pelaku usaha industri multifinance, emiten leasing afiliasi taipan Jerry Ng, PT BFI Finance Indonesia Tbk. (BFIN) atau BFI Finance mencatatkan tingkat pembiayaan bermasalah atau nonperforming financing (NPF) 1,8% pada Oktober 2023. Angka tersebut turun dibandingkan dengan posisi pada September 2023 yang mencapai 2,02%.  

Adapun tingkat kredit macet sembilan bulan pertama 2023 naik dibandingkan dengan posisi September 2022 yang mencapai 1,09%.  Direktur Keuangan BFI Finance Sudjono memproyeksi NPF bisa turun lagi menjadi 1,5% pada akhir 2023.  “Pada November dan Desember, kami berharap bisa tumbuh di bawah itu, November kami melihat bisa 1,6% dan Desember bisa lebih baik lagi [1,5%—1,6%],” jelas Sudjono dalam Public Expose (PE) BFI Finance, Rabu (22/11/2023).  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kencangkan Ikat Pinggang Leasing Jaga NPL & Target Pembiayaan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.