Kendali Pangan Jangan Sekadar Penetapan Harga Acuan

Badan Pangan Nasional menetapkan harga acuan sejumlah komoditas pangan menjelang pergantian tahun. Namun, kebijakan ini perlu diimbangi dengan sejumlah intervensi agar regulasi tersebut berjalan efektif.

Rayful Mudassir

28 Des 2022 - 16.48
A-
A+
Kendali Pangan Jangan Sekadar Penetapan Harga Acuan

Pekerja menyortir kedelai yang baru tiba di gudang penyimpanan di Kawasan Kebayoran Lama, Jakarta, Senin (15/2/2021). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA - Badan Pangan Nasional (Bapanas) resmi menerbitkan aturan harga acuan sejumlah komoditas pangan. Kendati begitu, pemerintah perlu mengimbangi regulasi ini dengan sederet intervensi lainnya. 

Harga acuan tersebut mencakup kedelai, bawang merah, cabai rawit merah, cabai merah keriting, daging sapi/kerbau, dan gula konsumsi. Penetapan ini tertuang dalam Perbadan No 11/2022. 

Aturan tersebut berisi tentang Harga Acuan Pembelian di Tingkat Produsen dan Harga Acuan Penjualan di Tingkat Konsumen Komoditas Kedelai, Bawang Merah, Cabai Rawit Merah, Cabai Merah Keriting, Daging Sapi/Kerbau, dan Gula Konsumsi.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan bahwa regulasi ini bertujuan untuk mengatur Harga Acuan Pembelian dan Penjualan (HAP) komoditas pangan. Harapannya, dapat memberikan kepastian harga pembelian hasil panen para petani dan peternak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kendali Pangan Jangan Sekadar Penetapan Harga Acuan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.