Kendaraan Bioetanol: Beda antara Brasil, India, dan Indonesia

Berupaya menyusul sukses Brasil, India meluncurkan kendaraan berbahan bakar campuran bioetanol di India, Selasa (11/10/2022). Sementara itu Indonesia mencoba lagi program bahan bakar E5 yang sempat gagal direalisasikan pada 6 tahun silam.

Fatkhul Maskur

8 Nov 2022 - 21.30
A-
A+
Kendaraan Bioetanol: Beda antara Brasil, India, dan Indonesia

Toyota Corolla Flex. Kendaraan dengan mesin yang bisa meminum bahan bakar bercampur bioetanol bertumbuh subur di Brasil. - Foto Toyota

Bisnis, JAKARTA - Berupaya menyusul sukses Brasil, India meluncurkan kendaraan berbahan bakar campuran bioetanol di India, Selasa (11/10/2022). Sementara itu Indonesia mencoba lagi program bahan bakar E5 yang sempat gagal direalisasikan pada 6 tahun silam.

Ada banyak jalur energi hijau dalam elektrifikasi dan penggunaan bahan bakar alternatif yang dapat membantu sektor transportasi menurunkan ketergantungannya pada bahan bakar fosil, serta mengurangi jejak karbonnya, seperti dilansir toyotabharat.com. 

Salah satunya adalah bioetanol. Bagi India, etanol adalah sebagai salah satu solusi paling tepat lantaran potensinya yang luar biasa. India merupakan produsen gula terbesar kedua dunia setelah Brasil pada musim 2021/2022.

Etanol merupakan sumber energi domestik dan bersih, yang secara signifikan dapat mengurangi konsumsi bahan bakar fosil, tagihan impor energi, dan emisi karbon. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kendaraan Bioetanol: Beda antara Brasil, India, dan Indonesia

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.