Kendaraan Pribadi Dominasi Penyebarangan Mudik Merak-Bakauheni

Arus penumpang di layanan penyeberangan Merak-Bakauheni meningkat pesat dalam 24 jam terakhir, seiring dengan tingginya animo masyarakat untuk mudik dan merayakan Lebaran di kampung halaman. Kendaraan pribadi tampak mendominasi arus penyeberangan.

Emanuel Berkah Caesario

28 Apr 2022 - 08.37
A-
A+
Kendaraan Pribadi Dominasi Penyebarangan Mudik Merak-Bakauheni

Sejumlah kendaraan mengantre memasuki area Pelabuhan Penyeberangan Merak di ruas jalan Cikuasa Atas, Cilegon, Banten, Rabu (27/4). Berdasarkan pantauan Tim Jelajah Lebaran 2022 Bisnis Indonesia pada pukul 22.50 WIB. Kondisi ruas jalan Cikuasa Atas, Merak yang menjadi jalur masuk ke Pelabuhan Merak ramai lancar. Antrean sempat terjadi menjelang Fly Over Merak yang disebabkan oleh kendaraan yang akan memasuki area parkir dermaga eksekutif. Selepas itu, kondisi lalu lintas lancar sampai dengan pintu masuk dermaga reguler. JIBI/Bisnis/Suselo Jati

Bisnis, BANDAR LAMPUNG — PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan/ASDP (Persero) mencatat terjadi kenaikan jumlah pengguna harian layanan penyeberangan Merak-Bakauheni dalam 24 jam terakhir.

General Manager ASDP Cabang Utama Merak, Lutfi Pratama, mengungkapkan pada musim mudik Lebaran tahun ini pihaknya mencatat kenaikan jumlah pengguna harian layanan penyeberangan Merak-Bakauheni, khususnya kendaraan pribadi roda empat. Jumlah kendaraan pribadi roda empat yang menyeberang menuju Sumatra tercatat naik hampir dua kali lipat.

“Berdasarkan data kami saat ini, jumlah pengguna kendaraan roda empat atau mobil pribadi naik dari normalnya 3.000 kendaraan menjadi 7.000 kendaraan dalam 24 jam terakhir,” katanya ketika ditemui oleh Tim Jelajah Lebaran Bisnis Indonesia 2022 di Kantor Cabang Utama ASDP Merak, Kamis (28/4) dini hari.

Adapun, untuk pengguna kendaraan sepeda motor juga tercatat mengalami kenaikan signifikan. Jumlah sepeda motor yang menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni naik dari 600 unit per hari menjadi 2.700 unit per hari.

Kemudian untuk jumlah bus yang menyeberang dalam 24 jam terakhir, tercatat naik dari 260 unit menjadi 388 unit. Berdasarkan pantauan Tim Jelajah Lebaran Bisnis Indonesia 2022, Pelabuhan Merak ikut dipenuhi oleh bus pariwisata yang menjadi unit tambahan sejumlah perusahaan otobus (PO) atau disewa untuk keperluan mudik gratis.

“Jumlah truk yang menyeberang masih banyak 2.900 unit. Untuk pejalan kaki naik lebih dari dua kali lipat dari 1.000 menjadi 2.480 orang,” papar Lutfi.

Secara keseluruhan, jumlah pengguna layanan penyeberangan Merak-Bakauheni  tercatat sebanyak 13.716 meliputi truk, bus, mobil pribadi, sepeda motor, dan pejalan kaki. Pencatatan dilakukan di seluruh dermaga di Pelabuhan Merak, termasuk Dermaga 6 atau Dermaga Eksekutif.

Pada musim mudik Lebaran tahun ini, ASDP menyiapkan 34 unit kapal roll on roll off (RoRo) yang terdiri dari 29 kapal reguler dan 4 kapal eksekutif. Seluruhnya merupakan kapal besar dengan ukuran lebih dari 5.000 gross tonnage (GT).

Lutfi memperkirakan puncak arus mudik di Pelabuhan Merak akan terjadi pada Kamis (28/4) malam hingga Jumat (29/4) seiring dengan dimulainya cuti bersama yang ditetapkan oleh pemerintah.

***

Guna memantau kelancaran dan kesiapan infrastruktur saat arus mudik, Bisnis Indonesia kembali menggelar Jelajah Lebaran 2022 setelah absen pada 2020 dan 2021.

Bisnis Indonesia Jelajah Lebaran 2022 dilaksanakan pada Rabu (27/4) hingga Rabu (4/5). Jelajah Lebaran 2022 dilakukan dengan perjalanan melalui dua rute.

Pertama, untuk rute Jawa-Bali dilaksanakan dengan menyusuri jalan tol Trans Jawa dan dilanjutkan menyisir jalur pantai utara (pantura) menuju Banyuwangi dan dilanjutkan penyeberangan ke Bali. Kedua, untuk rute Sumatra  melalui jalan tol Trans Sumatra dari Lampung hingga Dumai, Riau.

(Reporter: Rezha Hadyan)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.