Kepak Sayap Avian (AVIA) Perkuat Bisnis Cat di Tanah Air

PT Avia Avian Tbk (AVIA) terus memperkuat jangkar bisnisnya di Tanah Air. Berdasarkan survei Frast & Sulivian Report pada 2020, Avian memiliki market share sebesar 20 persen di Indonesia. Dalam tiga tahun mendatang emiten produsen cat berkode AVIA ini menargetkan dapat meningkatkan market share-nya.

Yanita Petriella

6 Apr 2023 - 18.38
A-
A+
Kepak Sayap Avian (AVIA) Perkuat Bisnis Cat di Tanah Air

ilustrasi interior rumah

Bisnis, JAKARTA – PT Avia Avian Tbk (AVIA) terus memperkuat jangkar bisnisnya di Tanah Air. Berdasarkan survei Frast & Sulivian Report pada 2020, Avian memiliki market share sebesar 20 persen di Indonesia. Dalam tiga tahun mendatang emiten produsen cat berkode AVIA ini menargetkan dapat meningkatkan market share-nya. 

Adapun salah satu caranya, Avia tengah membangun pabrik cat barunya di Cirebon Jawa Barat dengan kapastias 225.000 meterik ton. Rencananya, pabrik ini akan beroperasi pada 2025 mendatang dengan nilai investasi Rp750 miliar. 

Head of Investor Relation PT Avia Avian Andreas Timothy Hadikrisno mengatakan saat ini proses pembangunan pabrik baru di Cirebon baru digroundbreaking pada bulan Maret tahun ini dalam tahap pekerjaan tanah cut and fill yang ditargetkan bisa selesai pada 2025. 

Pembangunan pabrik ketiga di Cirebon ini dilandasi prediksi dalam tiga tahun kedepan dua pabrik yang ada sudah berada pada maksimal utilitas yang sebesar 80 persen. Di tahun ini sendiri, diproyeksikan akan ada peningkatan produksi sebesar 10 persen. 

“Kami punya dua pabrik yang di Sidoarjo Jawa Timur dan di Serang Jawa barat. Yang pabrik Sidoarjo luasnya 11 hektare dengan kapasitas produksi lebih dari 213.000 metrik ton per tahun. Pabrik Serang luasnya seluas 4 hektare dengan kapasitas produksi lebih dari 72.000 metrik ton per tahun,” ujarnya, Rabu (5/4/2023) malam.

Baca Juga: Memahami Siklus Properti Hunian Jelang Tahun Politik

Pembangunan pabrik baru ini untuk memenuhi permintaan kebutuhan akan cat dan pelapis. Terlebih Avia tengah aktif membidik sejumlah proyek infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) termasuk proyek Ibu Kota Negara (IKN). 

Avia menargetkan dalam tiga tahun mendatang, porsi pasar proyek yang saat ini baru 1 persen dapat meningkat menjadi 6 persen. Adapun selama ini 99 persen produk pasar Avia menyasar bisnis retail seperti renovasi bangunan. Oleh karena itu, Avia memperluas jangkauan pasar dengan membidik business to business (B2B) seperti sektor perbankan, consummer goods, food and beverage, layanan kesehatan, pendidikan, untuk memperkuat pasar proyek. 

“Kami juga bekerja sama dengan pengembang properti menengah ke bawah untuk meningkatkan pasar proyek dan juga proyek infrastruktur milik pemerintah. Kami menghindari bekerja sama dengan pengembang besar karena memang ada permasalahan pada pembayaran,” katanya. 

Tahun ini, Avia menargetkan pertumbuhan pendapatan Rp7,23 triliun sepanjang tahun ini atau meningkat 8 persen hingga 12 persen dari perolehan tahun 2022 yang mencapai Rp6,7 triliun. Adapun di tahun lalu, pendapatan terbesar berasal dari produk architectural solutions mencapai 80, persen dan sisanya dari trading goods sebesar 19.6 persen. 

“Target tahun ini terhitung konservatif karena dipengaruhi oleh kondisi melambatnya ekonomi yang berdampak pada tergerusnya daya beli masyarakat. Untuk pencapaian kuartal I tahun ini juga tidak jauh berbeda naiknya dari kuartal I tahun lalu,” ucapnya. 

Avia juga mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) rutin sebesar 2 persen dari total pendapatan, sehingga capex rutin tersebut berkisar Rp133 miliar yang akan dialokasikan untuk renovasi pabrik dan pembelian truk. 

“Tahun ini, kami meluncurkan produk baru konsumen segmen menengah ke bawah atau ekonomis berbasis solvant based coating dengan harga lebih murah namun kualitas baik. Kami juga berencana menaikkan harga produk pada bulan Mei mendatang, mengikuti harga pasar,” tutur Andreas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.