Kepak Sayap GOTO Lebarkan Bisnis Fintech hingga Kripto

Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) kembali melakukan aksi korporasi untuk melebarkan sayap bisnisnya di sektor finansial teknologi atau fintech.

Asteria Desi Kartikasari
Aug 30, 2022 - 11:04 AM
A-
A+
Kepak Sayap GOTO Lebarkan Bisnis Fintech hingga Kripto

Warga berbelanja secara daring menggunakan e-commerce Tokopedia di Jakarta, Minggu (17/7/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis, JAKARTA— Manuver emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) kembali dilakukan. Kali ini, GOTO mencoba masuk ke bisnis aset digital melalui akuisisi saham perusahaan pedagang kripto.

Dalam hal ini, GOTO membeli 100 persen saham PT Kripto Maksima Koin. Adapun transaksi pengambilalihan saham ini mencapai Rp124,83 miliar. Berdasarkan keterbukaan informasi, GOTO menyebut ambil alih saham dilakukan GOTO dengan 0,02 persen, mayoritas 99,98 persen dicaplok melalui PT Dompet Karya Anak Bangsa, anak perusahaan di bawah kendali GOTO. 

Melalui akusisi itu bisa dibilang GOTO semakin melebarkan sayap bisnisnya, khususnya pada klaster finansial teknologi atau fintech. Sekretaris Perusahaan GOTO R A Koesoemohadiani mengatakan transaksi aksi korporasi tersebut dilakukan pada 25 Agustus 2022, dengan total jumlah saham KMK yang diambil alih sebanyak 50.000 saham yang mewakili 100 persen kepemilikan.

Disebutkan, total nilai pengambilalihan adalah Rp124.837.350.000 dengan tujuan untuk perluasan kegiatan usaha perseroan melalui anak perusahaan. Adapun, PT Dompet Karya Anak Bangsa sendiri merupakan anak perusahaan GOTO yang 99,99 persen sahamnya dimiliki oleh GOTO. Sementara itu, tidak terdapat hubungan Kripto Maksima Koin dan GOTO.

Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kepak Sayap GOTO Lebarkan Bisnis Fintech hingga Kripto

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ