Kepul Laba Emiten Rokok Bakal Kian Memudar

Pemerintah resmi menaikkan tarif cukai hasil tembakau (CHT) untuk rokok rata-rata sebesar 10 persen untuk 2023 dan 2024. Kenaikan ini diperkirakan bakal makin menekan margin laba emiten-emiten rokok meski penjualan berpotensi tetap tumbuh.

Emanuel Berkah Caesario

4 Nov 2022 - 14.00
A-
A+
Kepul Laba Emiten Rokok Bakal Kian Memudar

Ilustrasi rokok. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Kinerja bisnis emiten rokok di tahun-tahun mendatang bakal makin berat, sebab pemerintah telah resmi menaikkan tarif cukai hasil tembakau (CHT) untuk rokok rata-rata 10 persen pada 2023 dan 2024. Margin keuntungan emiten rokok pun berpotensi makin tergerus.

Kenaikan tarif CHT dalam beberapa tahun terakhir, terutama di tengah era pandemi, terbukti telah memukul kinerja emiten rokok dengan cukup berat, terutama emiten rokok papan atas. Meski tidak sampai rugi, emiten rokok jelas mengalami penurunan profitabilitas.

Di periode pemulihan pascapandemi tahun ini, peningkatan volume dan nilai penjualan mulai terjadi, terefleksikan pada pendapatan yang meningkat. Namun, kenaikan beban usaha, termasuk pajak dan cukai, memberatkan profitabilitas mereka, sehingga labanya justru tergerus.

PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP), misalnya, berhasil mengerek pendapatannya pada periode 9 bulan 2022 sebesar 15 persen year-on-year (YoY) menjadi Rp83,4 triliun. Namun, laba bersihnya justru tergerus 11,75 persen YoY menjadi tinggal Rp4,9 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.