Kerikil di Jalan Tol Trans-Sumatra

Selama satu dekade terakhir, Hutama Karya baru membangun jalan tol kurang lebih sepanjang 1.030 kilometer. Itu terdiri dari 884,5 km ruas tol yang telah beroperasi, serta 286,4 km ruas jalan yang masih dalam tahap konstruksi.

Redaksi

22 Apr 2024 - 07.59
A-
A+
Kerikil di Jalan Tol Trans-Sumatra

Sepuluh tahun berselang sejak diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 100 Tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatra, konektivitas Lampung hingga Aceh tak kunjung tercapai. Mengingatkan saja, kini sudah 2024.

Sedari awal, peninjauan atas gagasan pengembangan Jalan Tol Trans-Sumatra atau JTTS sudah mendapatkan pertentangan dari banyak pihak. Tak sedikit ekonom yang menilai bahwa megaproyek yang mula-mula tertuang dalam dokumen Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia/MP3EI ini tak layak secara finansial.

Berbeda dengan Jalan Tol Trans-Jawa, perputaran dana di JTTS relatif lambat. Pergerakan kendaraan penumpang dan barang pun tak cukup ramai. Stimulasi untuk memindahkan lalu lintas dari jalan lintas Sumatra belum terlihat efektif.

Situasi ini tentu memberikan tekanan kepada badan usaha pelaksana proyek yang dipimpin oleh PT Hutama Karya (Persero). Tak sekadar membangun jalan, tugas utama Hutama Karya dan BUMN lainnya yakni bersama-sama memicu pertumbuhan ekonomi baru di sepanjang koridor JTTS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.