Kerja Keras Menekan Inflasi, 9 Langkah Keroyokan Disiapkan

Meski terjadi deflasi, inflasi di daerah masih di atas inflasi nasional. Jika tidak dijinakkan, inflasi daerah yang terus tinggi akan mendongkrak inflasi nasional menjulang ke atas.

Saeno
Sep 2, 2022 - 10:45 AM
A-
A+
Kerja Keras Menekan Inflasi, 9 Langkah Keroyokan Disiapkan

Pemerintah menyiapkan 9 langkah untuk menekan inflasi di daerah bisa berada di bawah 5 persen./Antara

Bisnis, JAKARTA - Badan Pusat Statistik melaporkan Indeks Harga Konsumen pada Agustus 2022 mengalami deflasi sebesar 0,21% secara bulanan. Pada bulan sebelumnya, IHK secara bulanan mengalami inflasi sebesar 0,64 persen  (mtm). Di sisi lain, meski terjadi deflasi, inflasi di daerah masih di atas inflasi nasional. Jika tidak dijinakkan, inflasi daerah yang terus tinggi akan mendongkrak inflasi nasional menjulang ke atas.

Secara nasional, penurunan harga kelompok volatile food dan penurunan inflasi administered prices menjadi pendorong deflasi pada Agustus 2022.  Meski begitu, inflasi inti mengalami peningkatan. 

Inflasi pada Agustus 2022 secara tahunan (yoy) mencapai 4,69 persen, di bawah inflasi pada Juli yang mencapai 4,94 persen. Sementara itu, Inflasi inti pada Agustus 2022 tercatat sebesar 0,38 persen (mtm), lebih tinggi dibandingkan dengan inflasi inti pada Juli yang mencapai 0,28% (mtm). 

Peningkatan inflasi inti pada Agusttus dibandingkan Juli terutama dipengaruhi inflasi komoditas kelompok pendidikan serta komoditas kontrak dan sewa rumah.

Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kerja Keras Menekan Inflasi, 9 Langkah Keroyokan Disiapkan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ