Keruntuhan Ringgit dan Potensi Penyebaran ke Rupiah

Alarm waspada ketahanan nilai tukar rupiah mulai berbunyi seiring dengan kekhawatiran efek rambatan dari anjloknya ringgit dari Malaysia. Hal itu mengingatkan pada skenario krisis moneter tahun 1998.

Annasa Rizki Kamalina

2 Nov 2023 - 20.04
A-
A+
Keruntuhan Ringgit dan Potensi Penyebaran ke Rupiah

Uang kertas 50 ringgit Malaysia di sebuah toko penukaran mata uang di Kuala Lumpur, Malaysia./Bloomberg

Bisnis, JAKARTA - Alarm waspada ketahanan nilai tukar rupiah mulai berbunyi seiring dengan kekhawatiran efek rambatan dari anjloknya ringgit dari Malaysia. Hal itu mengingatkan pada skenario krisis moneter tahun 1998.

Jika menengok histori kelam pada 1997-1998, keperkasaan dolar telah membuat nilai tukar mata uang di Asia jatuh, penyebaran yang pertama kali dimulai dari Thailand. Saat itu, bhat melemah hingga 20% karena Bangkok melepaskan patokan untuk bhat. 

Adapun saat ini, ringgit Malaysia menjadi mata uang di Asia Tenggara dengan kinerja paling buruk. Mata uang Negeri Jiran tersebut merosot hampir 8% terhadap dolar AS pada tahun ini. 

Baca juga: Investor Minta Intervensi Moneter Selamatkan Ringgit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
company-logo

Lanjutkan Membaca

Keruntuhan Ringgit dan Potensi Penyebaran ke Rupiah

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.