Keseriusan Jokowi & Investor RI Kembali Bangun Proyek di IKN

Minat investor dalam negeri dan asing di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kalimantan Timur terus mengalir. Presiden Joko Widodo memperkirakan total investasi yang masuk dari sejumlah investor dalam negeri untuk pembangunan proyek di kawasan IKN bakal mencapai Rp45 triliun hingga Desember 2023.

Redaksi

1 Nov 2023 - 19.26
A-
A+
Keseriusan Jokowi & Investor RI Kembali Bangun Proyek di IKN

Presiden Joko Widodo meninjau progres pembangunan Istana Presiden di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Jumat, 22 September 2023. Setpres.jpeg

Bisnis, JAKARTA – Minat investor dalam negeri dan asing di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kalimantan Timur terus mengalir. Presiden Joko Widodo memperkirakan total investasi yang masuk dari sejumlah investor dalam negeri untuk pembangunan proyek di kawasan IKN bakal mencapai Rp45 triliun hingga Desember 2023.

Adapun pada September lalu, terdapat proyek senilai Rp23 triliun yang telah digroundbreaking, kemudian di awal November terdapat 10 proyek bakal mulai dibangun dengan nilai Rp12 triliun. Rencananya, masih ada sekitar 9 proyek dengan nilai Rp10 triliun yang akan groundbreaking pada Desember tahun ini.

Jokowi mengatakan pembangunan IKN memang telah kebanjiran sejumlah minat investasi baik dari investor dalam maupun luar negeri. Namun, dia memastikan bahwa pada tahap pertama pemerintah akan memprioritaskan rencana investasi oleh penanam modal dalam negeri (PMDN) terlebih dahulu. Namun, jika tidak ada minat dari investor lokal, maka pemerintah akan mencari investor dari luar negeri. Pasalnya, minat investor asing untuk berinvestasi di IKN juga tinggi.

Adapun sedikitnya terdapat 130 investor dari Singapura telah datang melihat langsung IKN beberapa bulan lalu. Selain itu ada juga investor dari Korea Selatan, Jepang, Malaysia, hingga Uni Emirat Arab yang telah menyatakan minat menanamkan modal untuk pembangunan ibu kota baru.Saat ini, pihaknya tengah mengerem minat investasi dari asing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Keseriusan Jokowi & Investor RI Kembali Bangun Proyek di IKN

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.