Kesiapan Bank Hadapi Akhir Relaksasi Restrukturisasi Kredit

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan mengakhiri kebijakan restrukturisasi kredit Covid-19 pada Maret 2024. Seiring dengan itu, bank-bank besar pun telah memperkuat pencadangan mereka.

Fahmi Ahmad Burhan

10 Okt 2023 - 18.04
A-
A+
Kesiapan Bank Hadapi Akhir Relaksasi Restrukturisasi Kredit

Ilustrasi restrukturisasi kredit. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Kondisi pencadangan di sejumlah bank besar yang paling banyak melakukan restrukturisasi kredit selama periode berat pandemi terpantau cukup tebal untuk mampu meredam potensi risiko di masa mendatang maupun berakhirnya relaksasi restrukturisasi kredit pandemi.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan mengakhiri kebijakan restrukturisasi kredit Covid-19 pada Maret 2024 setelah berkali-kali memperpanjang kebijakan yang berlaku sejak 2020 tersebut. Seiring dengan itu, sejumlah bank telah memperkuat pencadangan mereka.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae, mengatakan bahwa OJK memang telah mendorong bank untuk membentuk pencadangan yang memadai agar dapat memitigasi beralihnya kredit restrukturisasi Covid-19 menjadi kredit bermasalah (nonperforming loan/NPL) ketika periode relaksasi berakhir.

"Jadi, tidak akan pengaruhi kinerja bank secara signifikan," tutur Dian dalam konferensi pers Rapat Dewan Komisioner (RDK) bulanan OJK pada Senin (9/10/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kesiapan Bank Hadapi Akhir Relaksasi Restrukturisasi Kredit

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.