Kesiapan Bankir Antisipasi Berakhirnya Era Bunga Tinggi

Sejumlah langkah antisipasi mulai dipersiapkan perbankan guna menyambut kebijakan bank sentral soal suku bunga ke depan.

Arlina Satiti Mugi Laras

1 Feb 2024 - 13.59
A-
A+
Kesiapan Bankir Antisipasi Berakhirnya Era Bunga Tinggi

Bisnis, JAKARTA — Bank sentral global dan Bank Indonesia diyakini akan mulai menurunkan suku bunga acuannya tahun ini, menandai berakhirnya era suku bunga tinggi. Sejalan dengan itu, sejumlah langkah antisipasi pun perlu dipersiapkan perbankan agar peralihan ini tidak mengganggu kinerjanya.

Sebagaimana diketahui, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengumumkan niat untuk terus memperkuat bauran kebijakan BI sekaligus mencari celah untuk menurunkan BI Rate pada semester II/2024.

Perry menyampaikan bahwa langkah BI untuk menurunkan BI Rate akan berjalan beriringan dengan bauran kebijakan moneter. Artinya, BI akan sekaligus menjalankan kebijakan makroprudensial, digitalisasi sistem pembayaran, pendalaman pasar, pembiayaan UMKM, hingga hilirisasi.

Senior Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI), Amin Nurdin, mengungkapkan bahwa kebijakan yang ada tentu bakal berdampak pada kinerja penyaluran kredit dan margin bunga bersih untuk menjaga pertumbuhan laba perbankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.