Ketahanan Bank 2023, Modal dan Likuiditas Jadi Kunci

Berbagai tantangan yang akan dihadapi perekonomian global tahun depan berpotensi mempengaruhi kinerja industri perbankan. Namun, selama permodalan dan likuditas bank masih memadai, industri ini diyakini bakal tetap mampu melewati periode berat ini dengan cukup stabil.

Emanuel Berkah Caesario

16 Des 2022 - 16.30
A-
A+
Ketahanan Bank 2023, Modal dan Likuiditas Jadi Kunci

Ilustrasi likuiditas. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Penguatan modal dan kecukupan likuiditas akan memegang peran kunci bagi industri perbankan untuk menghadapi ketidakpastian ekonomi pada 2023.

Pertumbuhan ekonomi global diperkirakan mengalami perlambatan pada 2023 akibat kenaikan harga energi dan komoditas pangan. Hal ini diiringi dengan inflasi tinggi, pengetatan moneter, eskalasi perang Rusia-Ukraina, dan likuiditas keuangan global yang ketat.

Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., Royke Tumilaar, mengatakan bahwa pengelolaan likuiditas secara baik akan menjadi faktor penting untuk menunjang ketahanan bank, dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi pada tahun depan.

Selain itu, tingkat permodalan yang kuat juga akan membantu bank untuk bertahan. BNI hingga kuartal III/2022 memperlihatkan permodalan yang kuat dan likuiditas yang memadai. Tecermin dari rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) yang berada di level 18,9 persen dan loan to deposit ratio (LDR) berada di posisi 91,2 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ketahanan Bank 2023, Modal dan Likuiditas Jadi Kunci

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.