Ketahanan Pangan RI Meningkat, Tapi Impor Makin Melesat

Indeks ketahanan pangan Indonesia mulai menunjukkan perbaikan pada 2022. Kendati demikian, sejumlah komoditas pangan domestik masih harus dipenuhi melalui kebijakan impor. Apa yang mendasari langkah ini?

Rayful Mudassir

1 Feb 2023 - 19.38
A-
A+
Ketahanan Pangan RI Meningkat, Tapi Impor Makin Melesat

Pekerja mengeringkan jagung yang baru dipipil di Desa Balongga, Sigi, Sulawesi Tengah.

Bisnis, JAKARTA - Indeks ketahanan pangan Indonesia menunjukkan perbaikan pada 2022 meski pasokan pangan menipis serta keran impor sejumlah komoditas kian terbuka. 

Global Food Security Index (GFSI) melaporkan ketahanan pangan Indonesia berada di posisi 63 dari 113 negara dengan skor 60,2 pada 2022. Capaian ini menjadi yang terbaik dalam tiga tahun terakhir. 

Pada 2020 misalnya, Indonesia hanya mencapai skor 59,5 dalam indeks ketahanan pangan dengan peringkat 65 dan makin melemah menjadi 59,2 poin yang menyebabkan posisi RI makin terjerembab pada peringkat 69 pada 2021.

BACA JUGA: KEBIJAKAN PENGELOLAAN PANGAN: Ironi Data Negeri Swasembada

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ketahanan Pangan RI Meningkat, Tapi Impor Makin Melesat

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.