Ketahui dan Hindari Penyebab Klaim Asuransi Ditolak

Agar asuransi Anda tidak ditolak, perhatikan beberapa alasan umum berikut ini yang sering kali membuat klaim asuransi ditolak.

Emanuel Berkah Caesario

28 Okt 2023 - 21.04
A-
A+
Ketahui dan Hindari Penyebab Klaim Asuransi Ditolak

Ilustrasi asuransi. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Asuransi adalah alat yang kuat untuk melindungi diri dan harta benda kita dari berbagai risiko yang dapat terjadi. Namun, ada kalanya klaim asuransi Anda bisa saja ditolak oleh perusahaan asuransi.

Ini adalah situasi yang tidak diinginkan dan dapat menimbulkan frustrasi, terutama jika Anda telah membayar premi untuk perlindungan tersebut. Berikut adalah beberapa alasan umum mengapa klaim asuransi dapat ditolak dan bagaimana Anda dapat menghindarinya:

 

1. Informasi yang Tidak Lengkap atau Tidak Akurat

Salah satu alasan utama klaim asuransi ditolak adalah pengisian informasi yang tidak lengkap atau tidak akurat pada aplikasi asuransi. Kebenaran adalah kunci. Pastikan untuk memberikan data yang akurat dan lengkap saat mengajukan klaim, dan saat mengisi aplikasi asuransi, periksalah data yang Anda berikan.

 

2. Melanggar Aturan Polis

Setiap polis asuransi memiliki aturan dan ketentuan yang harus diikuti. Melanggar aturan tersebut dapat menyebabkan klaim Anda ditolak. Pastikan Anda membaca dan memahami polis asuransi Anda, dan jika ada pertanyaan, tanyakan pada perusahaan asuransi atau agen Anda.

Baca Juga:

Target Kredit Bankir Tak Berubah Meski Bunga BI Makin Tinggi

Survei BI: Laju Simpanan Nasabah Bank Mengalir Deras Akhir Tahun

Bisnis Remitansi Bank Jumbo Tumbuh Subur

Kala Kinerja BPD Makin Lesu di Awal Semester Kedua 2023

 

3. Klaim di Luar Cakupan

Pastikan Anda memahami cakupan polis asuransi Anda. Klaim yang mencoba mencakup kerusakan atau kerugian yang tidak termasuk dalam cakupan polis Anda kemungkinan besar akan ditolak. Baca dan pelajari polis asuransi Anda dengan cermat.

 

4. Premi Tidak Dibayar atau Terlambat

Jika Anda lupa atau terlambat membayar premi asuransi, perusahaan asuransi dapat membatalkan polis Anda, dan klaim yang diajukan selama periode tanpa cakupan ini akan ditolak. Pastikan Anda membayar premi Anda sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

 

5. Penyembunyian Informasi Medis

Dalam asuransi kesehatan, penyembunyian informasi medis yang relevan atau riwayat penyakit yang ada sebelumnya dapat menyebabkan klaim Anda ditolak. Berikan informasi medis Anda yang akurat saat mengajukan klaim asuransi kesehatan.

 

6. Tindakan Curang

Upaya untuk memalsukan klaim atau tindakan curang lainnya dapat mengakibatkan penolakan klaim serta konsekuensi hukum. Jujurlah saat mengajukan klaim.

 

7. Kerugian yang Dilaporkan Terlambat

Sebagian besar perusahaan asuransi memiliki batas waktu untuk melaporkan klaim. Melaporkan kerugian terlambat dapat menyebabkan penolakan klaim. Pastikan Anda melaporkan kerugian sesuai dengan jangka waktu yang ditetapkan dalam polis.

 

8. Kegagalan dalam Melakukan Pemeliharaan dan Pencegahan

Beberapa jenis asuransi, seperti asuransi properti, memerlukan pemeliharaan dan pencegahan tertentu. Jika Anda gagal melakukan pemeliharaan yang diperlukan dan ini mengakibatkan kerusakan, klaim Anda dapat ditolak.

 

9. Kondisi Pratindakan yang Tidak Dilaporkan

Jika Anda mengalami kondisi pra-tindakan yang memerlukan perawatan, tetapi tidak melaporkannya kepada perusahaan asuransi sebelum membeli polis, klaim yang berkaitan dengan kondisi tersebut mungkin akan ditolak.

 

10. Aktivitas Berisiko Tinggi

Aktivitas berisiko tinggi, seperti olahraga ekstrem atau perjalanan ke daerah konflik, mungkin memerlukan pertimbangan khusus dalam polis asuransi Anda. Jika Anda tidak memberi tahu perusahaan asuransi tentang aktivitas tersebut, klaim Anda bisa ditolak.

 

Penting untuk selalu membaca dan memahami polis asuransi Anda, dan jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya kepada perusahaan asuransi atau agen Anda. Juga, pastikan untuk selalu memberikan informasi yang akurat dan jujur saat mengajukan klaim.

Dengan pemahaman yang baik tentang polis asuransi Anda dan kepatuhan terhadap aturan dan ketentuan, Anda dapat meningkatkan kemungkinan klaim asuransi Anda disetujui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.