Ketangguhan Bank Syariah Kian Terbukti

Kinerja pembiayaan perbankan syariah terpantau sangat kuat pada awal tahun ini, berbanding terbalik dengan kinerja bank konvensional.

Emanuel Berkah Caesario

21 Feb 2023 - 15.14
A-
A+
Ketangguhan Bank Syariah Kian Terbukti

Ilustrasi bank syariah. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Pembiayaan oleh perbankan syariah menjadi penopang penyaluran kredit industri perbankan pada awal tahun ini. Meski pangsa pasarnya kecil, bisnis perbankan syariah memiliki prospek pertumbuhan yang cukup cerah.

Indikasi melemahnya kinerja kredit industri perbankan pada awal tahun ini tecermin dari hasil Survei Permintaan dan Penawaran Pembiayaan Perbankan Januari 2023 yang dirilis Bank Indonesia.

Salah satu penemuan survei tersebut yakni bahwa penyaluran kredit baru pada Januari 2023 terindikasi lebih rendah dibandingkan dengan bulan Desember 2022. Hasil survei kepada perbankan menunjukkan bahwa saldo bersih tertimbang (SBT) penyaluran kredit baru pada Januari 2023 sebesar -7,2 persen.

Ini jauh lebih rendah dibanding bulan sebelumnya yang mencapai SBT positif 77,7 persen. Jika diperinci, SBT pada bank umum (BU) pada Januari 2023 turun mencapai 9,6 persen, padahal pada Desember 2022 setinggi 78,9 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ketangguhan Bank Syariah Kian Terbukti

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.