Ketangguhan Daya Tahan Pasar Saham dan SBN Domestik Kian Diuji

Setelah mencetak rekor baru kemarin, IHSG mengalami rekor pelemahan harian pada sesi pertama hari ini, Kamis (24/2). Sentimen eksternal masih sangat membayangi dinamika pasar saham Indonesia. Tantangan serupa pun turut dihadapi pasar SBN.

Emanuel Berkah Caesario

24 Feb 2022 - 15.02
A-
A+
Ketangguhan Daya Tahan Pasar Saham dan SBN Domestik Kian Diuji

Pengunjung beraktivitas di depan papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (23/2/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA — Sentimen negatif dari pasar global, terutama pengetatan moneter dari the Fed serta pergolakan geopolitik Rusia, Amerika Serikat (AS), dan Ukraina membayangi kinerja instrumen pasar modal dan surat utang Indonesia. Sejauh mana ketangguhan pasar Indonesia menangkal sentimen ini?

Indeks harga saham gabungan (IHSG) menukik tajam pada sesi pertama perdagangan hari ini, Kamis (24/2), yakni turun 1,63 persen atau 112,61 poin ke level 6.807,44. Sebelumnya, IHSG kembali memecahkan rekor baru kemarin setelah ditutup di level 6.920,06.

Penurunan pada sesi pertama hari ini pun menjadi rekor penurunan harian terbesar bagi IHSG. Pelemahan ini terjadi seiring dengan meningkatnya eskalasi konflik geopolitik antara Ukraina dan Rusia.

Sebanyak 501 saham melemah, 81 saham hijau, dan 89 saham diperdagangkan stagnan. IHSG bergerak di kisaran 6.782,36–6.929,91 sepanjang perdagangan sesi I hari ini. Meski demikian, asing tercatat masih melakukan aksi net buy senilai Rp669,42 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.