Ketangguhan IHSG Hadapi Kenaikan Fed Fund Rate

Daya tarik pasar saham Indonesia masih akan tetap tinggi, meski suku bunga acuan bank sentral Amerika Serikat terus meningkat. Hal ini terbukti dari tangguhnya kinerja IHSG dalam merespons kebijakan terbaru suku bunga the Fed.

Emanuel Berkah Caesario

3 Nov 2022 - 19.44
A-
A+
Ketangguhan IHSG Hadapi Kenaikan Fed Fund Rate

Karyawan melintasi papan elektronik yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (6/10/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA — Indeks harga saham gabungan (IHSG) justru berkinerja positif hari ini, Kamis (3/11), meski bank sentral Amerika Serikat, yakni the Fed, kembali menaikkan suku bunga acuan Fed Fund Rate sebesar 75 bps. Meski demikian, tidak semua sektor memiliki nasib yang sama.

IHSG sempat melemah cukup dalam begitu dibuka hari ini, yakni turun 0,75 persen dari level penutupan kemarin menjadi 6.962,85 sebagai respons atas pengumuman the Fed malam sebelumnya yang memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuannya menjadi 3,75 persen – 4,00 persen.

Namun, IHSG segera memantul kembali dalam waktu hanya sejam hingga ke level 7.050,38. IHSG berhasil bertahan di zona hijau hingga penutupan perdagangan dan ditutup di level 7.034,57, meningkat 0,27 persen dibanding kemarin.

Meski demikian, tidak semua sektor berkinerja positif. Sektor basic materials, consumer non-cyclicals, consumer cyclicals, healthcare, dan infrastructures justru melemah hari ini. Menariknya, sektor technology yang kerap kali dianggap dirugikan oleh kenaikan suku bunga, hari ini justru naik tertinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.