Ketangguhan Saham Batu Bara Kala Penurunan Harga Emas Hitam

Saham batu bara seperti PTBA hingga BUMI masih bisa mencetak kenaikan di tengah penurunan harga batu bara.

Asteria Desi Kartikasari
Aug 7, 2022 - 7:52 AM
A-
A+
Ketangguhan Saham Batu Bara Kala Penurunan Harga Emas Hitam

Proses pemuatan batu bara ke tongkang di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (13/10/2021). Bloomberg/Dimas Ardian

Bisnis, JAKARTA—  Harga batu bara terus mendingin. Acuan global, Newcastle masih mencatatkan penurunan untuk seluruh kontrak. Situasi tersebut bisa saja menjadi katalis negatif bagi emiten produsen komoditas emas hitam tersebut.

Berdasarkan data Bloomberg, Sabtu (6/8/2022), harga batu bara untuk kontrak teraktif Agustus 2022 mencatatkan penurunan 6,23 persen atau 24 poin ke US$361 per ton setelah sempat berada di posisi US$405 per ton pada 1 Agustus 2022. Meskipun jika dibandingkan dengan setahun lalu harganya masih tercatat naik 124,29 persen.

Selain untuk kontrak Agustus 2022, kontrak lainnya juga mengalami penurunan dengan kontrak September 2022 turun 18,25 persen ke US$346,75 per ton, Oktober turun 20,30 persen ke US$334,05 per ton, November turun 20 persen ke US$325,80 per ton, dan Desember turun 20,65 persen ke US$318,10 per ton.

Analis Mirae Asset Sekuritas Juan Harahap mengatakan untuk semester II/2022 diperkirakan prospek pasokan batu bara tetap lebih ketat. Hal itu setelah pemerintah Eropa setuju untuk melarang batu bara Rusia mulai Agustus 2022 sebagai bagian sanksi baru terhadap negara tersebut.

Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ketangguhan Saham Batu Bara Kala Penurunan Harga Emas Hitam

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ