Ketar-Ketir Bisnis Pertamina di Tengah Gejolak Rupiah

Sebagian besar belanja Pertamina selama ini menggunakan mata uang dolar AS, sementara mayoritas pendapatan perseroan berbentuk rupiah.

Stepanus I Nyoman A. Wahyudi

17 Apr 2024 - 20.07
A-
A+
Ketar-Ketir Bisnis Pertamina di Tengah Gejolak Rupiah

Kantor Pertamina./Istimewa

Bisnis, JAKARTA — Gejolak nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat serta harga minyak mentah dunia yang terus memanas mulai membuat pemerintah ketar-ketir akan kinerja keuangan PT Pertamina (Persero).

Terlebih, sebagian besar belanja perusahaan migas pelat merah itu selama ini menggunakan mata uang dolar AS, sementara mayoritas pendapatan perseroan berbentuk rupiah.

Selama ini, Pertamina harus melakukan pembelian valuta asing (valas) berdenominasi dolar AS dalam jumlah yang cukup besar, untuk kemudian digunakan dalam pengadaan minyak mentah, produk minyak, dan gas minyak cair (liquefied petroleum gas/LPG).

Tak hanya itu, kegiatan operasional dan pembiayaan belanja modal (capital expenditure/capex) Pertamina untuk proyek-proyek investasi juga menggunakan dolar AS. Di sisi lain, sebagian besar pendapatan Pertamina dari penjualan di dalam negeri, terutama di sektor hilir diterima dalam mata uang rupiah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.