Ketegangan China-Taiwan Berefek ke Indonesia, Apa Saja?

Hukuman yang diberikan China terhadap Taiwan, atau gejolak politik kedua negara tersebut kemungkinan dapat memberikan dampak terhadap Indonesia. Bahkan diproyeksikan potensi ganggunan bisa lebih buruk jika dibandingkan akibat perang Rusia dan Ukraina.

Asteria Desi Kartikasari

4 Agt 2022 - 20.16
A-
A+
Ketegangan China-Taiwan Berefek ke Indonesia, Apa Saja?

Bendera Taiwan terlihat saat latihan Angkatan Laut menjelang Tahun Baru Imlek di Kaohsiung, Taiwan, 27 Januari 2021./Antara

Bisnis, JAKARTA—  China membatasi atau menghentikan beberapa perdagangan dengan Taiwan. Langkah itu sebagai reaksi keras China atas kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat Nancy Pelosi ke Taiwan. Tidak menutup kemungkinan, kondisi tersebut akan berdampak pada kondisi bisnis di Indonesia.

Melansir Bloomberg, Rabu (3/8/2022), Administrasi Umum Kepabeanan China mengatakan bahwa sejumlah impor ikan daan buah ditangguhkan lantaran residu peptisida berebihan yang terdeteksi ‘berkali-kali’ pada produknya sejak tahun lalu. Apalagi, ada beberapa paket ikan beku yang juga dites positif terinfeksi virus corona pada Juni.

Kementeriam Perdagangan juga mengungkapkan bahwa pihaknya melarang ekspor pasir alam berdasarkan ketentuan undang-undang (UU) terkait dengan tidak memberikan rincian lebih lanjut. Sebelumnya, China pada Senin (1/8/2022) telah memutuskan impor makanan dari 100 pemasok pulai itu.

Beijing diketahui sering menargetkan industri pertanian Taiwan untuk hukuman atas masalah politik. Banyak daerah penghasil buah di selatan Taiwan biasanya menjadi benteng dukungan politik untuk Partai Progresif Demokratik pimpinan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen — yang mengadvokasi kemerdekaan Taiwan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ketegangan China-Taiwan Berefek ke Indonesia, Apa Saja?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.