Ketentuan Menukar Uang untuk THR di Kas Keliling Bank Indonesia

Masyarakat diharapkan mendaftar melalui https://pintar.bi.go.id/Order/KasKeliling. Penukaran secara langsung tanpa mendaftar hanya dilayani selama kuota masih tersedia.

Annasa Rizki Kamalina

30 Mar 2024 - 20.08
A-
A+
Ketentuan Menukar Uang untuk THR di Kas Keliling Bank Indonesia

Mobil kas keliling perbankan siap melayani penukaran uang baru untuk Lebaran 2024 yang digelar Bank Indonesia di Istora Senayan, Gelora Bung Karno mulai 28-31 Maret 2024. Bisnis/Feni Freycinetia

Bisnis, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) membuka layanan penukaran uang menjelang Idulfitri di seluruh 45 kantor perwakilan di seluruh Indonesia. Layanan penukaran tersebar di 449 titik berdasarkan situs PINTAR (Penukaran dan Tarik Uang Rapih). 

Bank Indonesia pada tahun ini menyiapkan uang tunai senilai Rp197,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Secara rinci, proyeksi kebutuhan uang pecahan besar (UPB) senilai Rp172,8 triliun dan uang pecahan kecil (UPK) Rp24,6 triliun. 

Paket penukaran uang yang disediakan terdiri dari 100 lembar pecahan Rp1.000, 200 lembar pecahan Rp2.000, 100 lembar Rp5.000, 50 lembar nominal Rp20.000, dan 20 lembar nominal Rp50.000. Maksimal duit yang ditukar Rp4 juta.

Selain itu, BI juga memberikan layanan tambahan bagi masyarakat yang akan menukarkan uang pecahan Rp75.000. Penukaran juga dapat menggunakan uang logam pada Kas Keliling Terpadu BI. 

Baca juga: Menghitung Potongan THR dengan Tarif Efektif Rata-Rata PPh Pasal 21

Untuk wilayah Jabodebek, jadwal terdekat berlangsung di Istora Senayan mulai 29 Maret hingga 31 Maret 2024. Sementara untuk tanggal 2 April hingga 5 April, Kas Keliling akan berada di Rest Area KM 57. 

Bank Indonesia (BI) mengimbau masyarakat yang akan melakukan penukaran uang menjelang Idulfitri di Kas keliling BI agar memperhatikan persyaratan yang berlaku. 

Sebelum melakukan penukaran, masyarakat diharapkan mendaftar melalui https://pintar.bi.go.id/Order/KasKeliling. Penukaran secara langsung atau goshow (tanpa mendaftar) hanya dilayani selama kuota masih tersedia. 



Berikut Syarat Penukaran Uang di Layanan Kas Keliling BI: 

1. Penukaran hanya dapat dilakukan pada tanggal, lokasi, dan waktu yang tertera pada bukti pemesanan.

2. Penukar wajib menunjukkan bukti pemesanan layanan penukaran kas keliling dalam bentuk digital/cetak.

3. Penukar yang akan melakukan penukaran uang Rupiah melalui kas keliling harus membawa uang Rupiah dalam jumlah nominal yang pas sesuai dengan yang tertera pada bukti pemesanan.

4. Uang Rupiah yang akan ditukarkan telah dipilah dan dikemas dengan ketentuan:

-Uang Rupiah dipilah menurut jenis pecahan dan tahun emisi, disusun searah, dan dipisahkan antara uang Rupiah yang masih layak edar dengan uang Rupiah tidak layak edar.

-Tidak menggunakan selotip, perekat, lakban, atau steples untuk mengelompokkan atau menggabungkan uang Rupiah.

Baca juga: Ini Syarat Tukar Uang untuk THR Lebaran di Kas Keliling Bank Indonesia

5. Bank Indonesia memberikan penggantian kepada masyarakat yang melakukan penukaran uang dengan nilai nominal sama dengan uang Rupiah yang ditukarkan. Penggantian dapat diberikan Bank Indonesia menggunakan uang Rupiah dalam pecahan dan tahun emisi yang sama atau berbeda.

6. Penggantian terhadap uang Rupiah diberikan sepanjang ciri uang Rupiah dapat dikenali keasliannya.

7. Sebelum melakukan penukaran melalui kas keliling pada tanggal yang tertera pada bukti pemesanan, NIK-KTP tidak dapat digunakan dua kali dalam satu hari. NIK-KTP dapat digunakan kembali untuk melakukan pemesanan penukaran melalui kas keliling setelah tanggal yang tertera pada bukti pemesanan terlewati.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.