Ketiban Berkah IKN, Rumah di Balikpapan & Samarinda Laris Manis

Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Nusantara yang dimulai tahap 1 pada 2024 mendatang rupanya membawa berkah tersendiri bagi kota penyangga di sekitarnya. Balikpapan dan Samarinda selama setahun terakhir mengalami kenaikan permintaan hunian.

Redaksi

12 Nov 2023 - 01.27
A-
A+
Ketiban Berkah IKN, Rumah di Balikpapan & Samarinda Laris Manis

Presiden Joko Widodo meninjau progres pembangunan Istana Presiden di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Jumat, 22 September 2023. Setpres

Bisnis, JAKARTA – Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur yang masif seiring dengan target Presiden Joko Widodo untuk menggelar upacara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 dan pemindahan tahap I rupanya memberikan dampak tersendiri bagi Balikpapan dan Samarinda. Kedua kota tersebut yang mudah dijangkau melalui jalan tol selama 30 menit dari IKN ini mengalami kenaikan permintaan hunian.

Head of Research 99 Group Indonesia Marisa Jaya mengatakan permintaan hunian di dua wilayah penyangga IKN seperti Balikpapan dan Samarinda mencatatkan tren positif dan terdampak adanya pembangunan IKN. Adapun permintaan hunian di Balikpapan mengalami pertumbuhan 149% (year-on-year/YOY), sedangkan di Samarinda sebesar 28% YoY.

Merujuk data dari Januari hingga Oktober (year-to-date/ytd), permintaan hunian di Balikpapan bertumbuh sebesar 57% dan Samarinda hanya naik tipis sebesar 1%.

Dilihat preferensi berdasarkan tipe properti, kota besar seperti Samarinda dan Balikpapan mencatatkan pencarian yang tinggi untuk rumah tapak, masing-masing sebesar 48,1% dan 59,4%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ketiban Berkah IKN, Rumah di Balikpapan & Samarinda Laris Manis

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.