Ketidakstabilan Mengintai Konsumsi RI

Instabilitas mengintai aktivitas konsumsi yang dipicu oleh tingginya kekhawatiran perihal terbatasnya penghasilan masyarakat dan berujung pada melambatnya pertumbuhan ekonomi.

Redaksi

9 Nov 2023 - 11.11
A-
A+
Ketidakstabilan Mengintai Konsumsi RI

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi di Indonesia./BISNIS-DUL

Bisnis, JAKARTA - Instabilitas mengintai aktivitas konsumsi yang dipicu oleh tingginya kekhawatiran perihal terbatasnya penghasilan masyarakat. Jika tak ditangani dengan maksimal, bukan tidak mungkin pertumbuhan ekonomi pada tahun ini sedikit tersendat mengingat konsumsi adalah alat utama pemantik mesin ekonomi.

Sinyal ketidakstabilan itu tecermin dalam Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) Oktober 2023, terutama dalam kaitan indeks keyakinan konsumen (IKK) dan beberapa indeks yang menjadi penopang utama.

Dari sisi keyakinan konsumen, IKK masih berada di jalur optimistis, yakni 124,3 pada bulan lalu, lebih tinggi dibandingkan dengan September 2023 yang hanya 121,7.

Persoalannya, indeks penghasilan saat ini serta indeks ekspektasi penghasilan terpantau masih lunglai, sementara indeks ketersediaan lapangan kerja dan indeks ekspektasi ketersediaan lapangan kerja cukup optimistis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ketidakstabilan Mengintai Konsumsi RI

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.