Ketika Nataru Tak Cukup Memacu Deru Manufaktur

Mendekati akhir tahun, manufaktur menunjukkan performa yang semakin menderu. Namun, momentum natal dan tahun baru (nataru) juga pemilu dinilai tak berefek kuat.

Ni Luh Anggela

2 Des 2023 - 17.04
A-
A+
Ketika Nataru Tak Cukup Memacu Deru Manufaktur

Ketua Umum Asosasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani. Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis, JAKARTA - Mendekati akhir tahun, manufaktur menunjukkan performa yang semakin menderu. Namun, momentum natal dan tahun baru (nataru) juga pemilu dinilai tak berefek kuat.

Performa manufaktur yang menderu ditunjukkan Indeks Kepercayaan Industri (IKI) November 2023 yang menyentuh 52,43 atau meningkat 1,73 poin dibandingkan Oktober 2023 di level 50,70.

Sementara itu, PMI Manufaktur S&P Global Indonesia naik tipis menjadi 51,7 pada November 2023 dari level terendah dalam 8 bulan di bulan Oktober.

Ketua Umum Asosasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani mengatakan, momentum nataru dan pemilu mendorong pertumbuhan konsumsi manufaktur, tetapi kenaikannya diperkirakan tak terlalu signifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.