Ketika Pangsa Sepeda Motor Listrik Masih Secuil

Ekosistem industri sepeda motor listrik Indonesia melibatkan 48 perusahaan dengan kapasitas produksi 1.427 juta unit per tahun. Namun, pangsa kendaraan roda dua bertenaga baterai itu masih secuil.

Fatkhul Maskur

26 Okt 2023 - 17.22
A-
A+
Ketika Pangsa Sepeda Motor Listrik Masih Secuil

IMOS+ 2023 ditargetkan meraup penjualan Rp200 miliar atau penjualan 6.000 unit sepeda motor. - Foto Bisnis.com Abdulla Azzam

Bisnis, JAKARTA--Ekosistem industri sepeda motor listrik Indonesia melibatkan 48 perusahaan dengan kapasitas produksi 1.427 juta unit per tahun. Namun, pangsa kendaraan roda dua bertenaga baterai itu masih secuil.

Berdasarkan data registrasi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) sampai dengan September 2023, telah terdaftar sepeda motor listrik sejumlah 66.978 unit.

Sampai dengan akhir tahun lalu, Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) yang telah diterbitkan oleh Kementerian Perhubungan, sebanyak 31.103 lembar. SRUT merupakan identitas kendaraan sebelum memiliki BPKB, STNK atau bahkan pelat nomor.

Dengan demikian, dapat diperkirakan bahwa angka penjualan sepeda motor listrik sepanjang Januari-September 2023 sebanyak 35.875 unit. Dibandingkan dengan jumlah SRUT yang terbit sepanjang tahun lalu 17.200 lembar, performa penjualan tersebut meningkat menjadi lebih dari dua lipat (109%).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
company-logo

Lanjutkan Membaca

Ketika Pangsa Sepeda Motor Listrik Masih Secuil

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.