Ketika Waskita Harus Rela Hutama Karya Ambil Alih 2 Proyek Tol

Pemerintah akan menyuntikkan penyertaan modal negara (PMN) Rp12,5 triliun kepada Hutama Karya untuk menyelesaikan dua proyek jalan tol Bocimi dan Kapal Betung. Pengalihan penyelesaian kedua proyek tol itu dilakukan karena kondisi WSKT tengah dalam proses restrukturisasi.

Yanita Petriella

6 Jun 2023 - 12.51
A-
A+
Ketika Waskita Harus Rela Hutama Karya Ambil Alih 2 Proyek Tol

Ruas tol Bocimi. /dok Bisnis

Bisnis, JAKARTA – PT Waskita Karya Tbk (WSKT) rupanya harus merelakan dua ruas jalan tol yakni jalan Tol Bogor – Ciawi – Sukabumi (Bocimi) dan tol Kayu Agung – Palembang – Betung (Kapal Betung) dialihkan penyelesaiannya kepada PT Hutama karya (Persero). Hal ini buntut dari tersandungnya Direktur Utama Waskita Destiawan Soewardjono menjadi tersangka korupsi, tingginya beban utang, dan tak disuntikannya Penyertaan Modal Negara (PMN) di WSKT.

Wakil Menteri BUMN Kartiko Wirjoatmodjo mengatakan pemerintah akan menyuntikkan penyertaan modal negara (PMN) Rp12,5 triliun kepada Hutama Karya untuk menyelesaikan dua proyek jalan tol Bocimi dan Kapal Betung. Adapun tol Kapal Betung merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS). Pengalihan penyelesaian kedua proyek tol itu dilakukan karena kondisi WSKT tengah dalam proses restrukturisasi. 

Untuk diketahui, Kementerian BUMN mengajukan PMN tunai sebesar Rp57,96 triliun dan PMN non tunai sebesar Rp673 miliar pada 2024. Usulan PMN tunai senilai Rp57,96 triliun itu ditujukan kepada 8 perusahaan pelat merah. Untuk PMN non tunai diberikan kepada 2 BUMN dengan nilai Rp673 miliar. 

Rinciannya untuk PMN tunai antara lain PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebesar Rp10 triliun untuk pencapaian target rasio elektrifikasi, PT Hutama Karya (Persero) sebesar Rp10 triliun untuk pendanaan masa operasi, PT Pelni (Persero) sebesar Rp4 triliun untuk pembelian 3 kapal penumpang rute perintis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.