Keuntungan Pakai Air Galon Bebas BPA

BPA merupakan bahan kimia yang sejak tahun 1950 telah banyak dimanfaatkan untuk membuat jenis plastik tertentu. Plastik polikarbonat menjadi salah satu produk plastik yang berbahan BPA.

Jaffry Prabu Prakoso

6 Des 2022 - 15.29
A-
A+
Keuntungan Pakai Air Galon Bebas BPA

Galon air. Salah satu bahan plastik yang aman dan BPA free adalah jenis PET/istimewa

JAKARTA – Air minum dalam kemasan menjadi perbincangan setelah ramainya kasus gangguan ginjal akut pada anak yang diduga disebabkan oleh kandungan etilen glikol dalam obat sirop.

Di saat yang sama, sebagian besar masyarakat mungkin belum mengetahui apa itu BPA dan BPA free. BPA adalah singkatan untuk Bisphenol A atau yang di Indonesia dikenal sebagai Bisfenol A.

Dikutip dari cleopurewater.com, BPA merupakan bahan kimia yang sejak tahun 1950 telah banyak dimanfaatkan untuk membuat jenis plastik tertentu. Plastik polikarbonat menjadi salah satu produk plastik yang berbahan BPA.

Ilustrasi air minum dalam kemasan/Istimewa


Kelebihan dari produk ini adalah kuat, sehingga mampu dipakai berulang-ulang untuk waktu yang cukup lama. Karena kelebihannya ini, banyak perusahaan mempergunakan plastik polikarbonat untuk pembuatan wadah makan atau minuman.


Selain dalam pembuatan plastik, BPA juga terdapat dalam epoxy resin. Produk seperti kaleng makan dan penutup botol juga menggunakan resin untuk melapisi bagian dalamnya. Banyak perusahaan air minum dalam kemasan yang masih menggunakan BPA. Galon BPA adalah galon yang terbuat dari bahan Bisfenol A.

Jadi, apa jenis bahan yang BPA free atau yang bebas dari kandungan BPA? Salah satu bahan plastik yang aman dan BPA free adalah jenis PET, yaitu singkatan dari polyethylene terephthalate. Publik juga mengenal jenis plastik ini sebagai polyester.

Baca juga: Putar Otak PUPR Cari Dana Rp1.435 Triliun Bangun Infrastruktur

Kelebihan plastik PET adalah karakteristiknya yang ringan, kuat, serta jernih. Itu sebabnya banyak perusahaan mulai beralih menggunakan plastik berbahan PET, termasuk dalam penggunaan galon. Dengan cara ini, masyarakat bisa mendapatkan air galon BPA free yang aman untuk kesehatan.

Produk yang menggunakan BPA memang sudah lama terkenal dengan kekuatannya dalam penggunaan berulang-ulang. Sayangnya, produk ini mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh.

Masalah kesehatan pada bayi dan anak-anak bisa terjadi karena kontaminasi yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan BPA juga dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, serta meningkatnya tekanan darah.

Karena banyaknya masalah kesehatan yang timbul karena BPA, para ahli kesehatan menyarankan untuk mengurangi penggunaan produk berbahan BPA. Masyarakat pun harus mulai sadar dan memilih galon air yang bebas BPA.

Kemasan Air Sudah Diubah jadi PET

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Industri Olefin, Aromatik, dan Plastik Indonesia (Inaplas) Fajar Budiyono mengatakan bahwa etilen glikol yang digunakan untuk kemasan plastik air minum sudah diubah menjadi polimer PET.

Baca juga: Upaya Pembangunan Infrastruktur Hijau Demi Kurangi Emisi Karbon

Menurut Fajar, polimer PET di botol plastik minuman dalam kemasan itu sudah tidak berbahaya. Sebab, etilen glikol yang merupakan zat berbahayanya sudah diubah wujud menjadi polimer PET yang tidak berbahaya bagi kesehatan.

"Etilen glikol kan jenisnya monomer. Setelah direaksikan menjadi polimer PET, itu sudah tidak berbahaya lagi. Sudah aman karena etilen glikolnya sudah berubah wujud," kata Fajar kepada Bisnis, Jumat (18/11/2022).

Zat berbahaya yang perlu diperhatikan dalam plastik PET air minum kemasan adalah kandungan logam berat pada botol daur ulang. Sebab, kata Fajar, botol plastik air minum kemasan sering digunakan untuk mewadahi bahan bakar seperti pertalite.


Dengan demikian, lanjutnya, batas aman kandungan logam berat untuk botol plastik air minum yang didaur ulang (recycling) ditentukan hanya boleh di bawah 10 part per billion (PTB).

Namun, sambung Fajar, penggunaan kembali botol plastik daur ulang sebagai kemasan air minum belum lazim dilakukan di Indonesia. Mayoritas hasil daur ulang botol plastik dialihgunakan untuk bahan tekstil.

"Kebetulan, di Indonesia daur ulang PET plastik dari botol air minum kembali ke botol air minum belum lazim dilakukan. Baru Aqua yang melakukan itu. Kebanyakan dari botol ke tekstil," tukasnya. (Rahmad Fauzan)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.