Kiat IAPI Dorong Kompetensi Lisensi CPI Akuntan Publik Tanah Air

Peran akuntan publik lebih proaktif dalam menghadapi dan memitigasi risiko dengan melibatkan diri dalam proses dan kegiatan investigasi.

Yanita Petriella

6 Des 2023 - 20.56
A-
A+
Kiat IAPI Dorong Kompetensi Lisensi CPI Akuntan Publik Tanah Air

Ilustrasi audit

Bisnis, JAKARTA – Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) terus memperkuat kompetensi yang dimiliki profesi akuntan publik di Indonesia. 

Hal ini dilakukan dengan menggelar kegiatan pendidikan dan sertifikasi jasa investigasi batch ke-5. Acara yang digelar pada 16 hingga 18 Oktober 2023 itu dimulai dengan serangkaian workshop dan ujian meliputi pemeriksaan investigatif, penghitungan kerugian negara, serta penggunaan keterangan ahli.

Kegiatan berlanjut dengan serangkaian role play yang mengantarkan para peserta menuju tahap terakhir, yakni prosesi inaugurasi.Calon pemegang CPI (Certified Professional Investigatoryang mengikuti acara inaugurasi berjumlah 61 orang terdiri atas 59 orang pemegang CPI dan 2 orang pemegang sertifikat associate CPI. Dengan demikian, saat ini jumlah akuntan publik pemegang CPI sebanyak 246 orang. 

Ketua Umum IAPI Hendang Tanusdjaja mengatakan pencapaian ini membuktikan komitmen, konsistensi, dan kerja keras terhadap pengembangan diri dan profesi akuntan publik di Indonesia. 

“Tidak hanya memiliki keahlian sebagai akuntan publik, tetapi juga memiliki pengetahuan sebagai akuntan investigator,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (6/12/2023). 

Untuk diketahui, akuntan publik adalah seseorang yang memperoleh izin dari Kementerian Keuangan untuk memberikan jasa asurans dan jasa lainnya. Berdasarkan UU No.5 Tahun 2011 tentang Akuntan publik, jasa asurans meliputi jasa audit atas informasi keuangan historis, jasa review atas informasi keuangan historis dan jasa asurans lainnya.

Adapun seorang akuntan publik beradaptasi sesuai perkembangan standar internasional. Akuntan publik juga memiliki kode etik. Akuntan publik harus memiliki skeptisme profesional yang tidak bisa digantikan oleh artificial intelligence. Skeptisme profesional merupakan sikap auditor yang selalu mempertanyakan dan mengevaluasi secara kritis terhadap bukti audit. 

Baca Juga: Alasan OJK Beri Sanksi Akuntan Publik Wanaartha Life


Ketua Komite Jasa Investigasi (KJI) Jamaludin Iskak berharap peran akuntan publik lebih proaktif dalam menghadapi dan memitigasi risiko dengan melibatkan diri dalam proses dan kegiatan investigasi. 

“Keterlibatan para akuntan publik dapat memberikan asurans secara profesional, kompeten, dan independen terhadap permasalahan bisnis, hukum, dan ekonomi dengan perspektif berlandaskan keilmuan dan pengalaman profesi,” katanya. 

Dia menuturkan adanya kegiatan role play yang dilaksanakan di pendidikan sertifikasi jasa investigasi menyimulasikan pengadilan seolah-olah nyata dengan kehadiran hakim dan pengacara sungguhan. Hal tersebut dapat membantu dalam meningkatkan rasa percaya diri para peserta.

Oleh karena itu, pendidikan ini merupakan fondasi penting dalam membangun profesionalisme akuntan publik di bidang jasa investigasi. Hal ini tentu menjadi modal berharga bagi pengembangan akuntan publik di masa depan.

“Komite Jasa Investigasi telah menjadi fondasi utama yang melahirkan para pemegang sertifikat CPI di Indonesia. Selanjutnya, IAPI juga berupaya mendidik para pemegang CPI melalui Forum Akuntan Investigator (FAIr),” katanya.

Sebagai organisasi, IAPI senantiasa menyokong dan mempromosikan profesionalitas profesi akuntan publik. 

“Lulusan kami tidak hanya menjadi ahli investigasi yang andal, tetapi juga mendukung integritas dan profesionalisme dalam dunia audit,” ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.