Kiat Kelola THR, Lunasi Cicilan hingga Buat Anggaran

Menjelang momen Lebaran 2024, tunjangan hari raya (THR) perlu dikelola dengan bijak. Musababnya, kadangkala THR bisa cepat habis untuk membeli barang atau kebutuhan yang sebenarnya tidak diperlukan.

Rika Anggraeni

31 Mar 2024 - 15.08
A-
A+
Kiat Kelola THR, Lunasi Cicilan hingga Buat Anggaran

Ilustrasi tunjangan hari raya (THR). Dok Istimewa

Bisnis, JAKARTA — Menjelang momen Lebaran 2024, tunjangan hari raya (THR) perlu dikelola dengan bijak. Musababnya, kadangkala THR bisa cepat habis untuk membeli barang atau kebutuhan yang sebenarnya tidak diperlukan.

Perencana Keuangan Rista Zwestika mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan setelah menerima THR lebaran, salah satunya dengan melunasi utang atau cicilan.“Anda dapat mengatur dan mengelola THR dengan lebih baik, sehingga dapat bertahan lebih lama dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi keuangan Anda,” kata Rista kepada Bisnis, dikutip pada Sabtu (30/3/2024).

Berikut adalah kiat-kiat mengelola THR agar tidak cepat habis langsung dari pakar:

Pertama, rencanakan anggaran. Langkah utama yang harus dilakukan setelah menerima THR adalah dengan membuat anggara keuangan yang jelas. Caranya, dengan menentukan berapa jumlah THR yang diterima dan alokasikan dengan bijak untuk kebutuhan yang paling penting.

Kedua, prioritaskan kebutuhan utama. Hal ini dilakukan dengan mengidentifikasi kebutuhan pokok seperti makanan, tagihan rutin, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Pastikan untuk memprioritaskan penggunaan THR untuk hal-hal ini terlebih dahulu.

Baca Juga:Awas Keliru! Kenali Perbedaan Paylater dan Pinjol

Ketiga, hindari pembelian impulsif. Untuk itu, masyarakat perlu menghindari godaan untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan hanya karena memiliki THR.“Pertimbangkan dengan bijak sebelum membuat pembelian besar atau impulsif,” ucapnya.

Keempat, simpan sebagian THR untuk masa depan. Setelah mendapatkan THR, tidak ada salahnya pertimbangkan untuk menyisihkan sebagian dari THR untuk tabungan atau investasi.Dengan menyimpan sebagian THR, ini bisa menjadi modal untuk masa depan atau untuk mengatasi kebutuhan mendesak di kemudian hari.

Kelima, gunakan untuk melunasi utang atau cicilan. Apabila memiliki utang atau cicilan yang perlu dibayar, maka pertimbangkan untuk menggunakan sebagian dari THR untuk membayar utang guna mengurangi beban finansial di masa mendatang.

Baca Juga:Jeratan Pinjol Gagalkan Generasi Muda Punya Rumah

Keenam, bijak dalam liburan. Jika berencana untuk berlibur menggunakan THR, maka terlebih dahulu pastikan untuk merencanakan perjalanan dengan bijak.“Bandingkan harga, pertimbangkan diskon atau penawaran khusus, dan tetapkan anggaran yang realistis untuk perjalanan,” ujarnya.

Ketujuh, komunikasikan dengan keluarga dalam mengalokasikan THR. Diskusikan bersama untuk menentukan prioritas penggunaan THR agar dapat memenuhi kebutuhan semua anggota keluarga dengan bijak.

Kedelapan, tetapkan batas pengeluaran. Langkah ini dilakukan dengan menetapkan batas pengeluaran yang masuk akal dan disiplin diri untuk tidak melampaui batas tersebut.

Rista menjelaskan bahwa dengan menyadari batas-batas ini dapat membantu dan mengontrol pengeluaran, serta memastikan THR tidak cepat habis.

Terakhir, kiat-kiat kesembilan adalah menghindari pinjaman berlebihan. Penting untuk menghindari penggunaan THR sebagai alasan untuk mengambil pinjaman berlebihan.“Pertimbangkan dengan hati-hati risiko dan manfaat dari setiap pinjaman sebelum mengambil keputusan,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.