Kilau Emas Makin Cerah di Pusaran Konflik Rusia-Ukraina

Prospek investasi emas makin menjanjikan di tengah konflik Rusia dan Ukraina. Harga instrumen safe haven itu meningkat pesat akhir-akhir ini dan masih berpotensi terus bertumbuh.

Emanuel Berkah Caesario

7 Mar 2022 - 18.14
A-
A+
Kilau Emas Makin Cerah di Pusaran Konflik Rusia-Ukraina

Karyawan menunjukan emas batangan di Galeri 24 Pegadaian, Jakarta, Senin (14/2/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA — Harga emas global telah meningkat pesat di tengah perkembangan konflik antara Rusia dan Ukraina yang kian memanas. Instrumen safe haven ini menjadi sasaran investor di tengah ketidakpastian yang kini makin meningkat. Bagaimana prospeknya di sisa tahun ini?

Konflik berkepanjangan antara Rusia dan Ukraina telah mendorong lonjakan pesat harga komoditas global, termasuk emas. Lonjakan harga emas tidak saja dipicu oleh tingginya permintaannya sebagai instrumen safe haven, tetapi juga karena terhambatnya produksi akibat konflik.

Berdasarkan data Bloomberg, harga emas Comex pada Senin (7/3) naik 28,60 poin atau 1,45 persen ke US$1.995,20 per troy ons. Sementara itu, harga emas spot naik 19,07 poin atau 0,97 persen ke US$1.989,77 per troy ons.

Adapun, harga emas saat ini sudah kembali bergerak menuju rekornya dan sedikit lagi akan kembali menyentuh level psikologisnya di US$2.000 per troy ons. Adapun, rekor harga emas terjadi pada awal Agustus 2020 lalu di level US$2.070 per troy ons.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.