Kilau Potensi Migas di Papua Kian Memukau

Tak heran, kini mulai banyak perusahaan migas global yang tertarik untuk berinvestasi pada kegiatan eksplorasi sumber daya baru di daerah Indonesia Timur dan laut lepas. Raksasa migas Malaysia, Petroliam Nasional Berhad atau Petronas salah satunya.

Ibeth Nurbaiti

9 Agt 2023 - 21.03
A-
A+
Kilau Potensi Migas di Papua Kian Memukau

Gambaran suasana di salah satu wilayah kerja migas. Wilayah Indonesia bagian timur turut menjadi fokus pemerintah untuk mendongkrak produksi minyak dan gas bumi nasional. Bisnis-Dok.SKK Migas

Bisnis, JAKARTA — Cukup besarnya potensi sumber daya minyak dan gas bumi yang tersebar di wilayah Papua, belakangan kian memukau pelaku industri hulu migas. Sejumlah investor mulai menunjukkan ketertarikannya untuk berinvestasi di pulau paling timur ujung Indonesia itu.

Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), setidaknya ada lima wilayah kerja di Indonesia bagian timur yang bakal didorong pemerintah untuk dioptimalkan pengelolaannya, seperti di wilayah kerja (WK) Seram, Buton, Timur, Aru, dan Warim.

Selain itu, pemerintah juga mendorong pengeboran sumur eksplorasi di kawasan lainnya, seperti sumur Riam-1 di Lapangan Walio Barat, Blok Kepala Burung, Kabupaten Sorong untuk mengoptimalkan potensi migas di Papua Barat.

Untuk menggait investasi di hulu migas, pemerintah juga terus berupaya melakukan berbagai perbaikan syarat dan ketentuan terkait dengan pengelolaan WK migas, termasuk dengan menyiapkan berbagai pemanis yang diharapkan dapat menarik investor untuk masuk ke sektor hulu migas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.