Kinerja Bisnis Mal Bergerak Perlahan Menuju Pemulihan Prapandemi

Kondisi yang mulai berangsur pulih dan seperti sebelum pandemi Covid-19 membuat beberapa pemilik mal berani mempertimbangkan untuk menaikkan biaya sewa ritel.

Yanita Petriella

13 Jun 2023 - 21.10
A-
A+
Kinerja Bisnis Mal Bergerak Perlahan Menuju Pemulihan Prapandemi

Mall Grand Indonesia. /dok Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Meskipun pandemi berangsur mereda dan pulih, namun aktivitas investasi di sektor ritel khususnya pusat perbelanjaan atau mal masih lesu. Kondisi tersebut tak hanya terjadi di sejumlah negara Asia Pasifik termasuk juga di Indonesia. Berdasarkan data dan analisis dari perusahaan konsultan real estat global JLL, investasi untuk mal pada kuartal I/2023 sebesar US$5,3 miliar atau setara dengan Rp78,8 triliun. 

Head of Investor Intelligence Asia Pacific JLL Pamela Ambler mengatakan angka tersebut masih di bawah rerata investasi selama 5 tahun terakhir sebesar US$7,5 miliar atau Rp111 triliun.

“Zona Asia Pasifik tertinggal dalam siklus penyesuaian harga [sewa/jual ritel] pada saat ini. Kami berharap tingkat penyesuaian harga akan mencapai puncaknya di kuartal kedua,” ujarnya dikutip Selasa (13/6/2023). 

Menurutnya, pemulihan harga tarif ritel berjalan secara moderat pada paruh kedua tahun ini, dikarenakan biaya bunga pinjaman yang berpotensi turun seiring dengan penurunan suku bunga. Adapun, pada periode awal 2023, sebagian besar transaksi pusat perbelanjaan skala besar terkoreksi di wilayah Asia Pasifik, kecuali Singapura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.