Kinerja Lesu di Awal Tahun, Beli atau Tahan Saham BRPT?

Kinerja keuangan PT Barito Pacific Tbk (BRPT) tidak begitu baik tahun ini, tetapi peluang pertumbuhan bisnisnya di masa depan cukup menjanjikan seiring dengan perluasan bisnis anak usahanya yang agresif. Sikap analis pun terbelah, sebagian merekomendasikan beli sahamnya, sebagian lainnya tahan.

Redaksi

16 Mei 2024 - 16.01
A-
A+
Kinerja Lesu di Awal Tahun, Beli atau Tahan Saham BRPT?

Wisma Barito Pacific, kantor pusat PT Barito Pacific Tbk.. Sumber: barito-pacific.com

Bisnis, JAKARTA — Emiten energi yang dikendalikan oleh Prajogo Pangestu, PT Barito Pacific Tbk (BRPT), mengawali tahun ini dengan kinerja keuangan yang lesu, sehingga turut menekan harga sahamnya tahun ini. Meski begitu, geliat kebangkitan sahamnya mulai terlihat lagi.

Lesunya kinerja perseroan sudah terlihat mulai dari penjualan yang turun 4,94% year-on-year (YoY) dari US$650,7 juta menjadi US$618,5 juta. Di sisi lain, beban pokok pendapatan dan beban langsungnya justru masih mengalami kenaikan sekitar 0,58% YoY menjadi US$501,37 juta.

Jumlah ini mempengaruhi perolehan laba kotor BRPT yang mengalami penurunan 23% YoY menjadi US$ 117,23 juta. Lalu, sejumlah beban BRPT juga mengalami kenaikan seperti beban umum dan administrasi yang meningkat 20% YoY menjadi US$35,33 juta dan beban keuangan yang naik 19% YoY menjadi US$83,96 juta.

Pada saat yang sama, bagian laba entitas asosiasi dan ventura bersama (bersih) turun 24% YoY menjadi US$19,26 juta dan keuntungan lain-lain (bersih) turut anjlok 23,21% YoY menjadi US$33,77 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.