Kinerja Solid Industri Perbankan Dipastikan Bertahan

Sejumlah pihak meyakini kinerja positif yang berhasil ditorehkan industri perbankan pada awal tahun ini akan tetap berlanjut hingga akhir tahun ini, meskipun berada di bawah bayang-bayang sentimen negatif eksternal.

Emanuel Berkah Caesario

21 Mar 2022 - 17.01
A-
A+
Kinerja Solid Industri Perbankan Dipastikan Bertahan

Petugas teller menata uang rupiah di salah satu cabang Bank Mandiri di Jakarta, Rabu (19/2/2020). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA — Pemulihan kinerja ekonomi Indonesia makin jelas terlihat seiring dengan kuatnya kinerja indikator-indikator penentu di industri perbankan nasional. Namun, keberlangsungan tren ini serta daya tahan industri perbankan kini dalam tanda tanya menghadapi perkembangan sentimen global terkini.

Beberapa indikator yang menunjukkan kuatnya kinerja industri perbankan nasional saat ini antara lain, pertama, kinerja kredit yang mulai membaik. Bank Indonesia mengumumkan tingkat pertumbuhan kredit industri perbankan per Februari sudah mencapai 6,33 persen secara tahunan (year-on-year/YoY).

Dengan tingkat pertumbuhan tersebut, itu berarti total penyaluran kredit sudah mencapai Rp 5.762,18 triliun. Tingkat pertumbuhan kredit ini sudah kembali seperti kondisi sebelum pandemi. Sebagai pembanding, pada 2019 laju pertumbuhan kredit mencapai 6,08 persen YoY menjadi Rp5.616,99 triliun.

Pertumbuhan kredit yang membaik menjadi sinyal adanya peningkatan kinerja ekonomi sektor riil. Hal ini membuka harapan bahwa kinerja ekonomi Indonesia pada kuartal pertama tahun ini bakal lebih baik lagi. Di sisi lain, inflasi pun kemungkinan akan turut meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Kinerja Solid Industri Perbankan Dipastikan Bertahan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.