Kinerja Tumbuh Positif, RedDoorz Bidik IPO pada 2027

RedDoorz berencana akan melakukan initial public offering (IPO) atau penawaran umum perdana pada 2027. Rencana korporasi yang dilakukan RedDoorz ini menyusul dengan naiknya cashflow (arus kas) perusahaan hingga empat kali lipat dibandingkan periode sebelum pandemi Covid-19.

Yanita Petriella

8 Okt 2023 - 13.49
A-
A+
Kinerja Tumbuh Positif, RedDoorz Bidik IPO pada 2027

Salah satu properti Reddoorz. /dok Reddoorz

Bisnis, JAKARTA – RedDoorz berencana akan melakukan initial public offering (IPO) atau penawaran umum perdana pada 2027. Rencana korporasi yang dilakukan RedDoorz ini menyusul dengan naiknya cashflow (arus kas) perusahaan hingga empat kali lipat dibandingkan periode sebelum pandemi Covid-19. 

Arus kas positif ini didorong oleh efektifitas RedDoorz yang secara signifikan berhasil mengurangi tingkat cash burn rate hingga 70 persen Year-on-Year (YoY) pada semester I tahun 2023.

VP Operations & Multi-Brand RedDoorz Indonesia Adil Mubarak mengatakan dengan segala pencapaian selama semester I tahun 2023, RedDoorz optimistis bisa mencapai Group Break Even Point (BEP) pada akhir 2023 dan meraih EBITDA positif pada 2024. Dalam tiga hingga empat tahun ke depan, jumlah properti RedDoorz pun ditargetkan mencapai 8.000. 

“Rencana kami berikutnya adalah bisa go public di 2027 karena kami ingin menjadi perusahaan jaringan perhotelan terbesar di Asia Tenggara, ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (8/10/2023). 

Dia meyakini pergerakan wisatawan domestik ini masih akan terus meningkat sampai akhir 2023 dan diharapkan berimplikasi pada okupansi hotel RedDoorz dan multi-brand. 

Hal ini seiring pernyataan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang menyebut jumlah pergerakan wisatawan domestik di Indonesia sampai dengan pada pertengahan tahun 2023 sudah mencapai 433 juta orang dari target 1,2 miliar orang. 

“Seiring dengan peningkatan okupansi, RedDoorz juga berhasil menambah jumlah pelanggan loyalnya. Saat ini ada lebih dari 4 juta pelanggan aktif,” kata Adil. 

CEO RedDoorz Amit Saberwal mengatakan pascapandemi perusahaannya lebih fokus menggarap wisatawan domestik untuk menghindari resiko yang sama jika terjadi pandemi lagi. 

“Sebelum pademi, banyak hotel-hotel di Asia yang mengandalkan pergerakan turis Tiongkok, namun setelah pandemi kita telah belajar untuk tidak lagi bergantung pada mereka,” ucapnya. 

Baca Juga: Ragam Gimik Startup VHO Berkelit dari Tutup Usia  


Selama pandemi Covid-19, sektor perhotelan menjadi salah satu industri yang  mengalami kerugian terbesar karena bisnisnya mengandalkan pergerakan wisatawan. Bahkan, Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menyebutkan sebagian besar okupansi hotel anjlok hingga 90 persen saat pandemi. Pelaku industri perhotelan pun melakukan berbagai macam strategi untuk bisa memulihkan bisnisnya pascapandemi. 

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan tingkat pemulihan hotel berbintang selama periode Agustus 2022 hingga Agustus 2023 hanya sebesar 3 persen hingga 4 persen saja. Pada periode yang sama, pertumbuhan penjualan kamar RedDoorz meningkat lebih dari 3 kali lipat.

Pertumbuhan pesat pun terjadi pada jumlah properti multi-brand yang dicapai oleh SANS Hotel dan UrbanView. SANS Hotel hadir sejak 2020 dan didesain khusus untuk wisatawan milenial dan Gen-Z kini telah mencapai 50 properti. 

UrbanView yang memiliki desain modern dan menjadi hotel multi brand favorit kalangan menengah ke atas bahkan telah mencapai 200 jumlah properti hanya dalam waktu kurang dari 2 tahun.   

Amit menambahkan berbagai peningkatan tersebut tercapai setelah RedDoorz menjalankan berbagai strategi pemulihan pasca Covid-19. Hal itu dilakukan dengan melakukan efisiensi biaya operasional hingga marketing, optimalisasi penggunaan Artificial intelligent (Ai) untuk otomatisasi pelayanan, hingga fokus mengembangkan bisnis pada core market, Indonesia dan Filipina meningkatkan loyalitas wisatawan domestik di setiap negara.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.