Kiprah Srikandi Di Ruang Sains

Deru langkah perempuan milenial begitu kencang dalam menggapai cita-citanya sejak R.A. Kartini Djojo menyalakan pelita emansipasi. Kini, kaum hawa dengan mudah mendapatkan haknya di ranah publik, termasuk berkarir pada bidang penelitian.

Desyinta Nuraini

21 Apr 2024 - 09.42
A-
A+
Kiprah Srikandi Di Ruang Sains

Mereka harus siap dengan segala konsekuensi. - Foto BI Weekly

Bisnis, JAKARTA—Zetryana Puteri Tachrim menjadi salah satu perempuan milenial yang kariernya moncer sebagai peneliti muda. Dia seakan mendapatkan berkah meniti karier di jalan ini.

Zetry beruntung mendapatkan pembimbing yang melihat potensi dirinya saat mengenyam pendidikan S1 Departemen Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di Universitas Indonesia. Alhasil, dia bisa menempuh pendidikan tingkat lanjut melalui jalur beasiswa hingga mendapat gelar Ph.D dari Hokkaido University, Jepang, pada 2019.

Keinginannya untuk bergabung dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)—sekarang Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)—pun tercapai. Saat ini, wanita kelahiran Jakarta, 17 Agustus 1989 itu tercatat sebagai peneliti ahli muda di Pusat Riset Bahan Baku Obat dan Obat Tradisional di lembaga tersebut.

Sebagai perempuan, kesempatan menjadi peneliti menurutnya begitu besar. Bahkan dia merasakan sedikit privilese dengan menyandang status sebagai perempuan, karena terbuka peluang selebar-lebarnya untuk mengenyam pendidikan tinggi, hingga bekerja di lembaga negara, tentu dengan kualifikasi yang dimiliki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.